22.12.14

Hadirkan 12 Pembicara, KeSEMaT Sukses Selenggarakan Mangrove Training 2014

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 7 Desember 2014, KeSEMaT sukses menyelenggarakan salah satu kegiatan tahunannya, yaitu Mangrove Training (MT) 2014. Kegiatan ini diadakan dengan tujuan untuk membekali Anggota KeSEMaT dengan pengetahuan mangrove, kurang lebih 12 topik bahasan, diantaranya pemetaan, analisa vegetasi, flora dan fauna, dan lain sebagainya.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 07.00 WIB sampai dengan 20.00 WIB ini, menghadirkan pembicara dari KeSEMaT, Yayasan IKAMaT, CV. KeMANGI dan Staf Laboratorium Terpadu dari Universita Diponegoro.

Pada sesi pertama, tiga pembicara dari Yayasan IKAMaT, yaitu Sdr. Ganis R. E., Sdri. Sayyidah F. dan Sdri. Elia H. mempresentasikan mengenai ekosistem mangrove, flora fauna dan fungsi dan manfaat mangrove serta bagaimana tata cara dan teknik merehabilitasinya.

Sesi kedua dilanjutkan dengan tiga pembicara dari Yayasan IKAMaT, yaitu Sdr. Yanuar Yogha P., Sdr. Gempar T. A. dan Sdr. Amrullah Rosadi, yang membicarakan mengenai ekowisata mangrove, kebijakan dan perundang-undangan mangrove dan public speaking.

Pada sesi ketiga, tiga pembicara dari CV. KeMANGI, yaitu Sdr. Aris Priyono dan Sdr. Rohmat Kuslarsono memberikan pelatihan tentang teknik membuat desain dan film dokumenter, juga pengetahuan mengenai pembuatan website dan hosting, sebagai salah satu hal yang menunjang dalam program kampanye pelestarian mangrove di Indonesia dan dunia.

Sesi terakhir, menghadirkan pembicara dari Yayasan IKAMaT, CV. KeMANGI dan Staf Laboratorium Terpadu dari Universita Diponegoro. Pada kesempatan ini, Sdr. Ferry S. P., Sdr. Aditya S. B., Sdr. Bagus R. dan Sdr. Udin, mempresentasikan mengenai proyek Hybrid Engineering (HE) untuk mengatasi abrasi pantai, teknik analisa vegetasi mangrove, pemetaan mangrove dan ekstraksi mangrove.

Banyak hal dan ilmu mangrove baru yang didiskusikan dalam MT 2014. Keseluruhan acara berjalan dengan baik dan lancar, yang ditutup dengan pemberian kenang-kenangan dari panitia kepada para pembicara dan foto bersama.