25.12.14

Verifikasi Data, Tim KEHATI Award 2014 Kunjungi Area Kerja KeSEMaT di Jepara dan Semarang

Jepara - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 22 dan 23 Desember 2014, Panitia KEHATI Award 2014 telah berkunjung ke Kantor KeSEMaT, dalam rangka verifikasi data KEHATI Award 2014. Tim KEHATI Award 2014 yang melakukan verifikasi data terdiri dari Ibu Ruby dari Pengurus KEHATI dan Ibu Asri dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Menurut Tim Verifikasi KEHATI Award 2014, dari 150 pendaftar calon penerima KEHATI Award 2014, telah ditetapkan delapan finalis, diantaranya KeSEMaT, yang berhasil menjadi finalis dalam kategori Tunas.

Kegiatan dimulai dari wawancara tentang KeSEMaT di Kantor KeSEMaT, diantaranya mengenai manajemen organisasi, visi dan misi, sejarah pembentukan, prestasi, afiliasi, konsep pengembangan kedepan dan berbagai hal lainnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke Mangrove Education Center of KeSEMaT (MECoK) di Teluk Awur, Jepara. Kunjungan ini bertujuan untuk mengetahui sejarah MECoK yang sudah didirikan oleh KeSEMaT sejak tahun 2003.

MECoK yang dulunya gersang, saat ini sudah hijau kembali dipenuhi dengan pepohonan mangrove dengan tinggi rata-rata sepuluh meter dan telah bermanfaat tak hanya bagi warga sekitarnya, tetapi juga kalangan mahasiswa dan peneliti yang melakukan risetnya. Hal ini, menarik perhatian Tim Verifikasi.

"MECoK sangat menarik. Kedepan, MECoK bisa dijadikan pusat penelitian, pendidikan dan ekoeduwisata," ujar Ibu Asri dari Kementerian Pertanian.

"Kedepan, KeSEMaT juga memiliki rencana jangka panjang ingin membangun Museum Mangrove, yang berfungsi sebagai wadah pengumpulan berbagai obyek, seperti industri kreatif mangrove, flora dan fauna, dokumentasi kegiatan, dan hal-hal unik lainnya yang berhubungan dengan mangrove," jelas Sdr. Dinuarca E. W. (Presiden).

MECoK juga menyimpan biodiversitas puluhan flora dan fauna. Keduanya sudah diteliti keanekaragaman hayatinya, sehingga menunjukkan keberhasilan KeSEMaT dalam memulihkan ekosistem mangrove di pantai Teluk Awur, Jepara.

Kerja keras KeSEMaT dalam membenahi MECoK diganjar manis oleh pemerintah kabupaten Jepara, dengan penetapan MECoK sebagai taman kota di pesisir Jepara.

Dari Jepara, keesokan harinya, acara dilanjutkan dengan berkunjung ke Sentra Mas Jamang dan Batik Bakau di Mangkang Wetan, Semarang. Lokasi ini, merupakan area warga binaan KeSEMaT, dalam mengembangkan olahan makanan berbahan dasar buah mangrove dan batik berbahan baku serasah mangrove yang sudah jatuh dan membusuk di tanah.

"Produk olahan dan batik mangrove yang dikembangkan KeSEMaT ini bagus sekali. Produk-produk ini, kedepan pasti bisa bersaing dengan produk lainnya. Dengan menjaga keberlanjutannya, maka produk-produk mangrove ini akan bisa menghidupi warga sekitarnya bahkan menjadi maskot Kota Semarang," harap Ibu Asri.

Kegiatan selama dua hari ini berjalan dengan baik dan lancar. Hasil verifikasi dan penganugerahan pemenang direncanakan akan diumumkan pada bulan Januari 2015. Semangat MANGROVER!