23.4.16

Sambut Hari Bumi dan Hari Lingkungan, KeSEMaT Kampanyekan Mangrove di Kampus UNDIP

Semarang - KeSEMaTBLOG. Setelah semua pendaftar melaksanakan Technical Meeting (TM) pada tanggal 15/4/16, para peserta Mangrove Restoration (MANGRES) 2016 mulai intensif melakukan latihan mangrove flash mob yang dipusatkan di PKM Baru, Kampus UNDIP, Tembalang. Kegiatan berlangsung selama dua hari, mulai 18 - 19 April 2016. Kegiatan ini diikuti oleh puluhan peserta MANGRES 2016 dari berbagai kalangan.

Pada saat TM, dipaparkan informasi mengenai konsep latihan mangrove flash mob, teknis rangkaian kampanye, penanaman dan awarding night. TM tersebut ditutup dengan doa dan foto bersama antara panitia dan peserta.

Selama dua hari, peserta mendapatkan pelatihan gerakan dasar mangrove flash mob yang diperagakan langsung oleh tiga orang instruktur MANGRES 2016, yaitu Sdr. Anggi Setiabudi (staf MENDIKTAN), Sdri. Riani Mardliyah (staf MENDIKTAN), dan Sdri. Winda Ariesta (staf MENWIRA).

"Gerakan mangrove flash mob ini, dibuat sedemikian rupa sehingga memiliki filosofi antusiasme dari para mangrover yang sangat bersemangat dalam menyelamatkan ekosistem mangrove di dunia," jelas Sdr. Budi yang ditemui di sela-sela memandu flash mob di PKM Baru.

"Gerakan mangrove flash mob ini akan ditampilkan di setiap kesempatan kampanye MANGRES 2016, diantaranya di UNDIP, Tugu Muda dan Simpang Lima, tak menutup kemungkinan juga akan ditampilkan saat penanaman mangrove," tambahnya.

"Kami akan tampil di khalayak ramai, sehingga latihan ini memantapkan kesamaan gerak dari peserta MANGRES 2016," tambah Sdri. Riani.

"Saya senang dengan adanya kampanye yang disertakan mangrove flash mob seperti ini, benar-benar membuat saya aktif," ujar salah satu peserta saat menari di depan Gedung Soedarto UNDIP (21/4/16).

Ketua Pelaksana MANGRES 2016, Sdr. Novian Prahandy Kusuma (MENSEK) menjelaskan bahwa tahun ini, selain flash mob, akan ada banyak lagi aksi menarik untuk menyuarakan penyelamatan hutan mangrove.

"Akan ada kampanye pembagian stiker, games, cosplay dan masih banyak lagi. Mangrove flash mob hanya sebagian kecil dari beberapa rangkaian acara lainnya. Jadi, datang dan saksikan kemeriahan MANGRES 2016, MANGROVEDOELOE," jelasnya.

"Kampanye simpatik hari ini, kami lalui dengan senang. Kami menari di depan orang, menarik perhatian mereka untuk menjaga mangrove, juga berorasi save mangrove. Tahun ini, total peserta dan panitia mencapai 80 orang lebih yang akan menyuarakan aksi penyelamatan mangrove satu bulan penuh. Meriah sekali," pungkas Sdr. Mahbub Murtiyoso, Presiden KeSEMaT. (VD/AS).