20.1.17

Belajar Mangrove, Mahasiswa China, Malaysia, India dan Norwegia Berkunjung ke Kantor KeSEMaT

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 19 Januari 2017, mulai dari pagi hingga siang hari, AIESEC UNDIP melakukan kunjungan ke Kantor KeSEMaT. Kunjungan ini bertujuan untuk mengenalkan fungsi dan manfaat mangrove, profil KeSEMaT, afiliasi KeSEMaT, dan prestasi-prestasi KeSEMaT kepada anggota AIESEC dan para pelajar dari manca negara.

Acara yang berlangsung, juga merupakan bentuk kerja sama antara AIESEC dengan KeSEMaT, dalam rangka mengkampanyekan pelestarian mangrove ke tingkat dunia.

“Melalui KeSEMaT Goes To Community (KGTC), kami membuka banyak kerjasama dengan para mitra kerja dan kolega, mulai dari mahasiswa, dinas, LSM, kelompok masyarakat, perusahaan dan pemerintah, yang berminat mengkampanyekan mangrove bersama kami," jelas Sdr. Vito Dharmawan (staf ahli MENDIKTAN), selaku penanggung jawab KGTC.

"Salah satu bentuk kegiatannya adalah edukasi pengolahan batik dan kuliner mangrove, juga pembibitan dan penanaman mangrove yang sedang kami lakukan bersama AIESEC. AIESEC meminta kami membantu mereka, agar memperkenalkan anggota dan para pelajar dari manca negara dengan warga binaan kami di Mangunharjo. Kami harap, kedatangan mereka kantor kami, dapat memberi banyak manfaat kepada mereka, terutama dalam aksi penyelamatan ekosistem mangrove dan pemberdayaan masyarakat pesisir,” tambahnya.

“Event yang kami adakan ini, merupakan rangkaian agenda dari Project REFORM. Kami sangat antusias bekerja sama dengan KeSEMaT, seperti halnya Exchange Participant (EP) dalam menanggapi isu-isu tentang mangrove dan lingkungan. Kami sudah beberapa kali bekerja sama dengan KeSEMaT, dan berkunjung ke warga binaan KeSEMaT yang mengolah kuliner dan batik mangrove Semarang,” terang Sdri. Alya, selaku ketua acara Project REFORM dari AIESEC.

Partisipan kegiatan ini, ialah mahasiswa-mahasiswi dari berbagai negara, sebagian diantaranya adalah dari China, Malaysia, India, dan Norwegia. Peserta begitu aktif dan antusias dalam mengikuti acara ini. Setelah berbagi pengalaman antara EP dengan KeSEMaT, acara ditutup dengan foto bersama. (YAC).