18.1.17

KeSEMaT Trainer Pelatihan Pengolahan Mangrove Kelompok Wanita Pesisir Tanjung Mas, Semarang

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 21 - 22 November 2016, bersama dengan Mas Jamang yang diwakili oleh Sdr. Cahyadi Adhe Kurniawan (CEO Batik Bakau dan Mas Jamang), KeSEMaT yang diwakili oleh Sdri. Nurul Ulfah (staf MENKEU) menjadi trainer Pelatihan Pengolahan Mangrove Kelompok Wanita Pesisir Kelurahan Tanjung Mas, Semarang.

Pelatihan ini dilaksanakan mulai dari pagi hingga siang hari, bertempat di Tambak Rejo Kelurahan Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang. Peserta pelatihan adalah ibu-ibu pesisir Kelurahan Tanjung Mas.

Pada hari pertama, ibu-ibu warga pesisir Tanjung Mas diberikan materi mengenai Pengolahan Pemanfaatan Buah Mangrove yang dapat dijadikan sebagai makanan maupun batik mangrove.

Kemudian, pada hari kedua, dilanjutkan dengan Praktik Pengolahan Pemanfaatan Buah Mangrove. Pada pelatihan hari kedua ini, jenis makanan yang diolah, yaitu cendol mangrove, kue lumpur mangrove, stik mangrove dan pangsit mangrove.

Sementara itu, jenis mangrove yang digunakan pada pelatihan pengolahan buah mangrove ini, yaitu Bruguiera gymnorrhiza atau yang biasa disebut “Lindur.” Pada saat pelatihan berlangsung, ibu-ibu sangat antusias mengikuti pelatihan yang diberikan.

"Kami berharap, semoga KeSEMaT dan Mas Jamang dapat mengarahkan kami untuk mendistribusikan hasil olahan mangrove yang telah kami buat, nantinya,” ungkap salah satu ibu peserta pelatihan.

“Sebenarnya, ibu-ibu di sini sangat berminat untuk mengolah kuliner mangrove, hanya saja masih bingung untuk menjual ke mana setelah dibuat," jelas Sdri. Nurul.

“Semoga saja, dengan kehadiran KeSEMaT dan Mas Jamang pada pelatihan pengolahan buah mangrove ini, ibu-ibu pesisir Kelurahan Tanjung Mas akan mendapatkan inovasi baru mengenai pengolahan berbahan dasar buah mangrove ini,” pungkas Sdri. Nurul. (YAC).