6.1.17

Reportase Tahapan Pembekalan dan Diklat Mangrove I KHKT 2017

Semarang - KeSEMaTBLOG. Hari ini (6/1/17), 29 orang Calon Anggota KeSEMaT (CAMaT) terpilih, sedang menjalani Tahapan Diklat Mangrove (DIKROVE) I yang diselenggarakan di Kampus FPIK Undip, Tembalang. Kegiatan ini masih dalam satu rangkaian program KeSEMaTHUNT KeSEMaTOUR (KHKT) 2017: Open Recruitment Anggota Baru KeSEMaT Angkatan XVII.

"Kali ini sudah memasuki hari kedua DIKROVE I. Acara berlangsung mulai pukul 08.00 - 17.00 WIB. Mulai dari kemarin, acara dimulai Kami memberikan pengetahuan mengenai mangrove, ekstraksi mangrove, pemetaan mangrove, pemanfaatannya untuk kuliner, batik, ekowisata dan lain-lain, juga ada teknik identifikasi dan herbarium, analisis data mangrove, teknik lobbying, prestasi KeSEMaT di dunia internasional dan masih banyak lagi," jelas Sdri. Ema Septiani (MENSETSI) selaku panitia KHKT 2017.

Pada Tahapan DIKROVE I, para CAMaT nampak sangat antusias dalam mengikuti materi yang disampaikan, mengingat tahapan ini sangat penting untuk menuju tahapan berikutnya, yaitu Ujian DIKROVE I.

"Oprec KeSEMaT ini sangat detail. Kami dibimbing untuk mengenal organisasi, mendalami ilmu mangrove juga membuka pengetahuan kami untuk bergaul di kancah internasional, mengingat KeSEMaT adalah organisasi mangrove yang sudah bertaraf ASEAN," kata salah seorang CAMaT.

Sebelumnya, CAMaT juga telah menjalani Tahapan Pembekalan KHKT 2017 yang dilangsungkan di Kantor KeSEMaT (2-3/1/17).

Pada tahapan ini, peserta KHKT 2017 dikenalkan mengenai organisasi KeSEMaT dan afiliasinya, peraturan yang mengikat di KeSEMaT, juklak, juknis, SOP, juga beragam kegiatan berfilosofi team work yang akan membekali para CAMAT apabila mereka diterima sebagai KeSEMaTER dan mulai bekerja di KeSEMaT.

"Di pembekalan ini, kami juga mengajarkan mengenai etika organisasi, sopan santun, ketepatan waktu, manajemen kritik, cara bergaul di dunia internasional, dan lain-lain. Kami juga mengumumkan nama mangrove para CAMaT," jelas Sdr. Anggi Setiabudi (MENDIKTAN) selaku koordinator KHKT 2017. (YAC).