21.2.18

Wawancara Dumatra Dumatri 2018 dan Host MIL The Series Season 4

Semarang - KeSEMaTBLOG. Duta Mangrove KeSEMaT Putra (Dumatra) dan Duta Mangrove KeSEMaT Putri (Dumatri) ialah ikon KeSEMaT dalam menggerakkan semangat konservasi dan pelestarian mangrove kepada khalayak luas. Dumatra dan Dumatri juga menjadi representasi KeSEMaT dalam mengkampanyekan jargon KeSEMaT, yaitu Mangrove Is Lifestyle.

Pemilihan Dumatra dan Dumatri di setiap tahunnya yang dilakukan oleh KeSEMaT memiki tujuan untuk menginspirasi anak muda Indonesia agar semakin peduli dengan pelestarian ekosistem mangrove, tak hanya di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia.

Sampai dengan tahun 2018, maka KeSEMaT telah menyelenggarakan pemilihan Dumatra dan Dumatri sebanyak delapan kali, dan di setiap tahunnya telah berhasil membuat program kampanye kreatif dengan konsep yang selalu berkembang mengikuti perkembangan zaman.

Pada tahun ini, pemilihan Dumatra dan Dumatri akan dilaksanakan pada tanggal 22 Februari 2018, bertempat di Deqiko Cafe, mulai pukul 17.00 WIB. Tahapan yang akan dilalui para calon Dumatra Dumatri, yaitu tes wawancara dan kemampuan public speaking yang akan diuji oleh Presiden KeSEMaT Sdr. Bifa Aulia, MENPORSI KeSEMaT Sdr. Bachtiar Eka, dan dibantu oleh Dumatri tahun 2017, Sdri. Maudina Eva, serta Sdr. Ganis Riyan Effendi selaku pemimpin redaksi MANGROVEMAGZ.

KeSEMaT pada tahun ini memiliki tiga calon Dumatra dan tiga calon Dumatri, yaitu:
1. Sdr. Zaky Afka (Staf MENWIRA)
2. Sdr. Ilham Kuncahyo (Staf MENKOMSI)
3. Sdr. Raditya Ananta (Staf MENDIKTAN)
4. Sdri Navila Bidasari (SA MENPORSI)
5. Sdri. Bellatris Santri (MENKOMSI)
6. Sdri. Hanik Rahmawati (SA MENWIRA)

“Besok, para calon Dumatra dan Dumatri akan menjalani tahapan tes wawancara untuk menguji sejauh mana pengetahuan mengenai mangrove dan KeSEMaT, serta kemampuan dalam public speaking untuk tujuan kampanye KeSEMaT nantinya,” terang Sdr. Bachtiar Eka (MENPORSI dan Dumatra tahun 2017).

Bekerja sama dengan MANGROVEMAGZ, Majalah Mangrover Indonesia, Dumatra Dumatri juga akan dipercaya menjadi Host MIL The Series, sebuah program web series dari MANGROVEMAGZ, yang disiarkan setiap malam Minggu.

Selain itu, Dumatra Dumatri juga memiliki program sosial tersendiri, dimana mereka langsung diterjunkan ke masyarakat dalam rangka memberikan pendidikan mangrove di wilayah pesisir di Indonesia.

Keduanya juga akan mengajar anak-anak pesisir, mengkampanyekan mangrove di setiap acara KeSEMaT di tingkat lokal, nasional, regional maupun internasional.

"Selanjutnya, tugas utama Dumatra Dumatri adalah menyambut tamu-tamu KeSEMaT dan mewakili KeSEMaT di event kerja sama dengan para mitra kerja dan kolega, dimana mereka bertugas sebagai public relation KeSEMaT dalam menggaungkan aksi penyelamatan mangrove Indonesia ke tingkat dunia," pungkas MENPORSI. (BEB/ADM).