1.2.18

KeSEMaT Hadiri Sosialisasi Pengusulan Calon Penerima Penghargaan Kalpataru 2018

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada hari Kamis, 25 Januari 2018, Sdr. Bifa Aulia Manuhuwa (Presiden) mewakili KeSEMaT, menghadiri rapat dalam rangka Sosialisasi Program Pengelolaan Sumber Daya Genetik (SDG) dan Pengusulan Calon Penerima Penghargaan Kalpataru 2018 bersama sebanyak kurang lebih 148 tamu undangan lainnya, yang terdiri dari Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati - KLHK, Pemerintahan Provinsi Jawa Tengah, Pemerintah Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah, Unsur Aakademisi dari UNSOED, UNDIP, UNS, UNNES, UNIKA Soegijapranata, Kepala BUMN dan BUMS, Unsur LSM dan Unsur Media Pers.

Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 10.00 s.d 13.00 WIB di Ruang Rapat BPL2H, Dinas Lingkugan Hidup dan Kehutanan, Provinsi Jawa Tengah. Dalam rapat ini, dibahas dua poin, yaitu:

1. Sosialisasi Peraturan Gubernur (Pergub) Jawa Tengah Nomor 74 Tahun 2017 Tentang Perlindungan SDG Jawa Tengah dan Pengetahuan Tradisionalnya.
2. Sosialisasi Pengusulan Calon Penerima Penghargaan Kalpataru 2018.

“Dengan adanya Pergub yang baru tersebut, KeSEMaT akan dapat menjadi bagian elemen pendukung yang turut melestarikan SDG, khususnya di wilayah pesisir, yaitu mangrove di Jawa Tengah,” terang Presiden.

Sedangkan pada pembahasan poin yang kedua, dijelaskan bahwa Kalpataru merupakan penghargaan bergengsi tingkat nasional yang diberikan oleh Pemerintah. Kalpataru diberikan kepada mereka, baik individu maupun kelompok masyarakat, yang dinilai berjasa dalam memelihara fungsi lingkungan hidup.

Penghargaan Kalpataru terdiri atas empat kategori, yaitu Perintis Lingkungan, Pengabdi Lingkungan, Penyelamat Lingkungan dan Pembina Lingkungan.

"Pada kesempatan ini, juga disampaikan tentang isu-isu pokok lingkungan atau ruang lingkup Kalpataru prioritas di bidang Konservasi, Pencemaran dan Perubahan Iklim, Ekonomi Hijau dan Hukum dan Budaya. Bangga sekali, KeSEMaT sebagai salah satu instansi terkait pengelolaan konservasi mangrove, dapat diundang untuk mengikuti sosialisasi ini. Setelah ini, akan ada tindak lanjut dari sosialisasi yang telah dilakukan," pungkas Presiden. (ADM/BAM).

No comments:

Post a Comment