28.2.18

KeSEMaT Hadiri Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2018

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 25 Februari 2018, mulai pagi hingga siang hari, KeSEMaT menghadiri undangan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Jawa Tengah (Jateng) dalam rangka kegiatan Gerakan Peduli Sampah yang diadakan di Lapangan Simpang Lima, Semarang.

"Dalam kesempatan ini, KeSEMaT diundang oleh pihak panitia sehubungan dengan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2018. Acaranya sangat positif sekali, yang diikuti juga dengan berbagi 1500 tas-belanja gratis kepada masyarakat," jelas Sdri. Laksita Adya Sahita (SA MENPUSMAT)

"Peserta Hari Peduli Sampah Nasional tidak hanya tamu undangan saja, tetapi juga masyarakat umum yang sedang CFD, juga turut memeriahkan acara ini. Tak hanya itu, acara gerakan bersih sampah ini turut menghadirkan tokoh masyarakat, seperti Walikota Semarang, Bapak Hendrar Prihadi dan juga artis cantik Nadine Chandrawinata," tambah Sdr. Hazim Helmi Susmanto (MENWIRA).

Gerakan bersih sampah dilakukan supaya masyarakat Indonesia mengerti akan pentingan dampak pencemaran sampah terhadap lingkungan. Acara tersebut menghadirkan cosplay-cosplay yang memanfaatkan barang bekas sebagai pakaiannya. Turut juga diadakan pelepasan burung merpati sebagai upaya pelestarian hewan di alam.

KeSEMaT sebagai agen penyelamat lingkungan yang memfokuskan diri di mangrove, merasa terpanggil untuk mendukung kegiatan ini.

"Sampah dari rumah tangga yang dibuang ke sungai akan mengalir ke perairan mangrove hingga muara dan laut. Hutan mangrove berfungsi membersihkan sampah sebelum menuju ke laut, namun perlu dimengerti apabila jumlahnya terlalu banyak, akan dapat membahayakan hidup mangrove sebagai filter bahan pencemar di wilayah pesisir," tambah MENWIRA.

Kedepannya, dengan dihadirkannya acara seperti ini, maka diharapkan akan dapat menambah wawasan kepada masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah di bumi. (ADM/HHS).