3.5.07

Bagaimana Cara Mendapatkan Bibit Mangrove?

Semarang - KeSEMaTBLOG. Dimanakah saya bisa mendapatkan bibit mangrove? Banyak yang menanyakan masalah ini kepada KeSEMaT. Untuk tujuan komersial maupun tidak, banyak organisasi di Semarang dan atau di luar (bahkan sampai Papua), yang ingin mendapatkan bibit mangrove untuk tujuan penanaman (rehabilitasi mangrove pesisir) mereka. Di Jawa Tengah, setahu saya ada tiga tempat yang memiliki kebun bibit, yaitu di Rembang (terlihat pada gambar, kebun bibit mangrove Pak Yadi), Demak dan Pemalang. Satu lagi di luar Jawa Tengah, ada di Bogor, Jawa Barat.

Tempat-tempat tersebut menawarkan bibit-bibit mangrove rata-rata usia tiga bulan dengan kisaran harga Rp. 300 – Rp. 1.000,-. Untuk jenis spesies yang ada, umumnya Rhizophora apiculata dan R. mucronata, karena (biasanya) penanaman mangrove lebih difungsikan untuk tujuan rehabilitasi kawasan pesisir yang terkena abrasi.

KeSEMaT sendiri memiliki kebun bibit mangrove-nya sendiri, namun karena hanya digunakan untuk edukasi, jumlahnya relatif sedikit (hanya lima ribuan). Bagi yang berminat untuk mendapatkan bibit-bibit mangrove, silahkan saja menghubungi tiga kebun bibit mangrove di atas. Jika Anda kesulitan, KeSEMaT dengan senang hati akan menghubungkan Anda dengan ketiga kontak person di atas.