2.5.07

Untuk Apa Kita Menanam Mangrove?

Semarang - KeSEMaTBLOG. Mungkin pertanyaan inilah yang sering berkecamuk di dalam pikiran Anda. Untuk apa saya menanam mangrove? Bagi saya, daripada pusing mikirin jawaban untuk apa saya menanam mangrove, mending berpikir begini: Setelah saya menanam mangrove, pasti saya akan mendapat balasan pahala dari Tuhan YME! Apa sebab? Karena saya telah memberi hak hidup kepada tumbuhan mangrove, yang merupakan hasil ciptaan-Nya.

Udah, itu aja dulu yang dipikirkan. Buang jauh-jauh dulu, wacana yang mengatakan kalau Anda berhasil menanam pohon mangrove hingga hidup sampai besar, Anda akan (1) menciptakan rumah bagi jutaan binatang-binatang mangrove, (2) membantu kematian jutaan manusia, karena mangrove mampu berfungsi sebagai obat anti kanker.

Selanjutnya, yang ke (3) memperkecil gelombang tsunami, sehingga tak terlalu banyak memakan korban lagi, layaknya yang terjadi di NAD, kemarin, (4) menyelamatkan beribu-ribu kilometer garis pantai yang terancam oleh abrasi, (5) memberi nafkah bagi nelayan pesisir yang berprofesi sebagi petani mangrove, (6) mengurangi efek pemanasan global, karena mangrove mampu menyerap zat-zat berbahaya dari udara, (7) nanti sajalah dipikirkan.

Udahlah, enam buah fakta yang besar-besar seperti ini dan ratusan fakta tentang kegunaan mangrove lainnya, pikirkan nanti saja-lah. Yang penting sekarang, ayo pergi ke pesisir, ambil buah mangrove dan mulailah menanam! Anda dijamin akan mendapat pahala dari Tuhan YME. Oke! (Oleh : IKAMaT).

No comments:

Post a Comment