3.1.12

KeSEMaT Hadiri Peresmian Bank Benih Mangrove dan Mangrove Center di Tuban, Jawa Timur

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada Tanggal 31 Desember 2011, KeSEMaT yang diwakili oleh Bapak Arief Marsudi Harjo (Direktur CV. KeMANGI), Sdr. Fuad Ashari (DP), Sdr. Cahyadi Adhe Kurniawan (DP), Sdr. Tangguh Gilang P. (DP), Sdr. Oky Yuripa Pradana (IKAMaT), Sdr. Muhammad Faisal Rachmansyah (Presiden), Sdr. Ganis Riyan Efendi (MENWEBNET) dan Sdr. Kamto Wahyono (MENDIKTAN), telah menghadiri acara Peresmian Bank Benih Mangrove dan Mangrove Center Tuban. Acara yang bertempat di Mangrove Center Tuban Desa Jenu Kab. Tuban ini dihadiri oleh ratusan orang dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar hingga seluruh LSM Lingkungan di Jawa Timur.

Acara yang dimulai pada pukul 09.00 WIB ini, diawali dengan pembukaan yang dibarengi dengan penyambutan kedatangan Gubernur Jawa Timur, Bapak Sukarwo yang diisi oleh tarian khas Jawa Timur. Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari ketua panitia penyelenggara dan sambutan dari Gubernur, sekaligus meresmikan Bank Benih Mangrove dan Mangrove Center Tuban. Disela-sela acara, diadakan juga acara expo, salah satunya dihadiri oleh pengusaha mangrove asal Surabaya.

Usahanya yaitu membuat makanan olahan berbahan dasar mangrove berupa Cendol, Sirup, Teh, dan Tiwul. Tidak hanya itu, salah satu perusahaan semen, Semen Gresik, yang diwakili oleh Semen Gresik Foundation juga menampilkan usahanya dalam melestraikan mangrove dengan cara membuat batik, yang dibuat oleh anak-anak kecil yang sudah terlatih.

Acara diakhiri dengan penampilan dari kelompok seni gamelan setempat, dan pemberian bantuan dari pemerintah kepada masyarakat Tuban, khususnya desa Jenu berupa bantuan bibit tanaman mangrove dan tanaman darat untuk ditanam di sekitar pemukiman dan sekolah setempat.

Dalam kesempatan ini, selain bersilaturahmi dengan para mitra kerja di Jawa Timur, para KeSEMaTER juga menyempatkan diri untuk mengunjungi berbagai obyek wisata alam di Tuban dan pesisir PANTURA.