17.1.12

KeSEMaT Lakukan Monitoring dan Evaluasi Kelulushidupan Bibit Mangrove di MECoK Jepara

Jepara - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 15 Januari 2012, Panitia KeSEMaTHUNT KeSEMaTOUR (KHKT) 2012 yang diwakili oleh Sdr. Muhammad Faisal Rachmansyah (Presiden), Sdri. Susi Rusmiati (Staf Ahli MENKEU), Sdri. Siti Nurul Aini (Staf Ahli MENPUSMAT), Sdri. Sayyidah Fatchiyyah (MENPORSI), Sdr. Azizul Khakim (Staf Ahli MENKOMSI) dan Sdr. Kamto Wahyono (MENDIKTAN) telah melakukan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (MONEV) terhadap kondisi mangrove yang ada di Mangrove Education Centre of KeSEMaT (MECoK) Jepara.

Dalam monitoring ini, KeSEMaTER melakukan susur pantai dan melihat kondisi mangrove dan bedeng yang digunakan sebagai tempat pembibitan dan persemaian bibit mangrove oleh KeSEMaT. Sehubungan dengan cuaca yang saat ini kurang baik, maka telah menyebabkan konstruksi bedeng tersebut rusak, yang kemudian langsung coba diperbaiki oleh KeSEMaTER sehingga atap bedeng yang tadinya bermasalah, akhirnya bisa menaungi bibit mangrove yang ada di bawahnya dengan baik.

Dalam MONEV kali ini, dapat diketahui bahwa kondisi mangrove dari hasil penanaman pada setiap kegiatan tahunan KeSEMaT, seperti Mangrove Cultivation (MC) dan Mangrove REpLaNT (MR) 2011 tumbuh dengan baik hingga mencapai 100%. Tidak hanya melakukan monitoring saja, KeSEMaTER juga melakukan pengambilan sampel spesies mangrove untuk dijadikan sebagai herbarium mangrove.

Terdapat sekitar 15 spesies mangrove yang telah dijadikan herbarium mangrove yang nantinya akan digunakan sebagai bahan pembelajaran dan pengenalan spesies mangrove pada saat Diklat Mangrove (DIKROVE) KHKT 2012. Dengan melakukan pengenalan dan pembelajaran sejak dini, diharapkan para Calon Anggota KeSEMaT (CAMaT) Angkatan XII dapat mengetahui nama spesies mangrove untuk menambah rasa cinta dan peduli mereka terhadap mangrove.