31.1.12

Reportase KeSEMaTOUR 2012 : Pelantikan Anggota Baru KeSEMaT Angkatan XII

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 27 – 29 Januari 2012, selama tiga hari berturut-turut, para Calon Anggota KeSEMaT (CAMaT) Angkatan XII, telah mengikuti tahap akhir KeSEMaTHUNT KeSEMaTOUR (KHKT) 2012 : Open Recruitment Anggota Baru KeSEMaT Angkatan XII, yaitu KeSEMaTOUR 2012: Pelantikan Anggota Baru KeSEMaT Angkatan XII. KeSEMaTOUR 2012 diselenggarakan di kawasan mangrove Desa Pasar Banggi Rembang, Jawa Tengah. Acara yang dimulai pada tanggal 27 Januari 2012 ini, diikuti oleh 32 orang CAMaT terpilih dari 65 pelamar.

Acara diawali dengan pemberangkatan dari Semarang menuju Rembang. Kemudian setelah tiba di Desa Pasar Banggi Rembang , dimulai dengan pendirian tenda, dan pada malam hari dilanjutkan dengan acara sarasehan dengan kelompok tani mangrove Sidodadi Maju, pimpinan Bapak Suyadi. Selanjutnya, acara diteruskan dengan tanya jawab dan diskusi mengenai teknik pelaksanaan program-program rehabilitasi mangrove serta penjelasan tentang pengalaman Bapak Suyadi selama puluhan tahun mengelola mangrove di Rembang.

Pada tanggal 28 Januari 2012, kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan penelitian ekosistem mangrove yang dilaksanakan di kawasan mangrove pesisir Desa Pasar Banggi Rembang. Pelatihan struktur komunitas mangrove dan metode pengambilan data mangrove serta pengenalan ekosistem hutan mangrove yang ada di kawasan ini, dipimpin langsung oleh para KeSEMaTER Angkatan XI. KeSEMaTOUR 2012 hari kedua ini, juga diisi dengan beberapa buah game, outbond, evaluasi kinerja dan malam keakraban dan diskusi, yang bertujuan untuk meningkatkan kebersamaan dan melatih rasa ketelitian, kecermatan dan kedetailan yang nantinya akan dipraktekkan secara langsung oleh CAMaT Angkatan XII, pada saat mereka bekerja di KeSEMaT.

Hari ketiga, acara dilanjutkan dengan pelatihan pengenalan jenis-jenis mangrove yang diadakan di tempat pembibitan mangrove milik kelompok tani mangrove Sidodadi Maju, dan dilanjutkan dengan pelantikan CAMaT Angkatan XII menjadi KeSEMaTER Angkatan XII yang diikuti dengan prosesi siraman lumpur dan perang lumpur. Keseluruhan acara KeSEMaTOUR 2012 berjalan dengan sukses yang diakhiri dengan kesan pesan dan foto bersama serta berpamitan langsung dengan warga Desa Pasar Banggi, Rembang.