24.7.14

KeSEMaT Hadiri Rakor Pembuatan Peta Mangrove Jawa Tengah

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 21 Juli 2014, KeSEMaT menghadiri Rapat Koordinasi Kelompok Kerja Mangrove Daerah (KKMD) se-Jawa Tengah. Kegiatan yang dimulai pada pukul 09.00 WIB – 12.00 WIB ini, membahas mengenai pembuatan Peta Kondisi Mangrove pada Pantai Utara Jawa Tengah (Pantura Jateng) yang dikerjakan oleh salah satu perusahaan konsultan dan dilaksanakan di Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah.

Peta mangrove ini, memetakan tiga belas Kabupaten di Pantura Jateng, mulai dari Kabupaten Rembang hingga Brebes. Salah satu hal yang melatarbelakangi dibuatnya peta mangrove tersebut adalah tidak tersedianya data perkembangan luasan mangrove yang akurat di Pantura Jateng pada setiap tahunnya.

Pada sesi selanjutnya, dilakukan tanya jawab dan diskusi mengenai metode yang cepat dan akurat serta kendala-kendala yang dihadapi dalam pemetaan wilayah mangrove.

Kegiatan KKMKD ini, dilakukan dengan tujuan memutakhirkan peta ekosistem mangrove di Pantura Jateng. Selain itu, kegiatan KKMKD juga ditujukan untuk mewujudkan agar ekosistem mangrove bisa terjaga dan lebih lestari di masa depan.

Semoga saja, dengan adanya peta mangrove ini, maka akan bisa selalu menyediakan informasi terbaru luasan mangrove di Pantura Jateng, sehingga pengelolaan ekosistem mangrove dapat semakin maju dan lebih baik lagi, di masa mendatang. Amin. Semangat MANGROVER!