17.3.16

Bulan Ini, KeSEMaT Gelar Tiga Program Mangrove Sekaligus!

Semarang - KeSEMaTBLOG. Bulan ini, Maret 2016, KeSEMaT akan meluncurkan tiga program mangrovenya sekaligus untuk mengkampanyekan penyelamatan mangrove kepada masyarakat luas. Sdr. Ardyan Syahputra (MENKOMSI) saat dikonfirmasi di Kantor KeSEMaT, Semarang menjelaskan bahwa tiga departemen KeSEMaT, yaitu Departemen Sekretaris (DEPSEK), Departemen Komunikasi dan Publikasi (DEPKOMSI) dan Departemen Pendidikan dan Penelitian (DEPDIKTAN) akan menggelar program mangrovenya masing-masing dengan konsep, target dan tujuan yang berbeda.

"DEPSEK sudah running dengan Mangrove Restoration (MANGRES) 2016-nya yang memasuki tahap pendaftaran. Alhamdulillah, peminatnya banyak. Pendaftar juga sudah puluhan orang, padahal ini baru Minggu pertama pendaftaran. Flash mob, long march, kampanye simpatik, menanam dan memelihara mangrove dan aksi mangroving lainnya yang asyik-asyik, akan menghiasi MANGRES 2016 bertema MANGROVEDOELOE yang bekerjasama dengan salah satu produk minuman di Semarang," jelas Sdr. Novian P. Kusuma (MENSEK) selaku ketua panitia.

Selain DEPSEK, DEPKOMSI juga akan segera me-launching program KeSEMaT Goes To Community (KGTC) 2016 yang bekerjasama dengan fans base salah satu grup band anak muda, yang saat ini sedang digandrungi.

"Jadi, fans salah satu band ibukota yang sedang happening saat ini, kemarin sudah menghubungi kami dan akan melakukan kegiatan penanaman mangrove di Semarang. Di sela-sela show mereka di sini, mereka akan menanam mangrove bareng KeSEMaT. Band apa dan kapan? Tunggu tanggal mainnya, ya!," ujar Sdr. Ardyan.

Selanjutnya, DEPDIKTAN juga tak mau kalah, dengan programnya KeSEMaT Goes To School (KGTS) 2016 yang tahun ini bertema MANGROVETEEN: The Spirit of Teenagers, mereka juga sudah bersiap menyelenggarakannya di bulan ini, bekerjasama dengan SMP Al Azhar 14, Semarang.

"KGTS tahun ini akan mengajar dan mendampingi Adik-adik SMP Al-Azhar 14, Semarang       berjumlah kurang lebih 135 siswa/i. Kami sudah mempersiapkan semuanya, yang juga akan dibantu oleh warga binaan kami di Mangkang Wetan, tempat dilaksanakannya KGTS 2016," terang Sdr. Mustagfirin (MENDIKTAN).

Sdri. Aulia Putri Aji (staf MENKOMSI) mengutarakan pengalaman pertamanya dalam mengikuti aksi-aksi mangroving KeSEMaT, "Padat banget, bayangin, tiap hari rapat dan sebulan bisa nyampek tiga program besar. Tapi, capeknya gak kerasa karena kebayar sama bangganya jadi mangrover, karena bisa bermanfaat buat orang banyak. Apalagi saat di lapangan, saat ngasih penyuluhan mangrove ke mereka dan ketemu langsung sama mangrover lainnya dan bisa nanem mangrove bareng. Senengnya dobel-dobel, deh," terangnya.

Presiden KeSEMaT, Sdr. Mahbub Murtiyoso menambahkan bahwa dalam setahun, KeSEMaT akan menyelenggarakan kurang lebih 32 program kerja yang akan dilaksanakan. MANGRES, KGTC dan KGTS adalah salah tiga diantaranya.

"Setelah MANGRES, KGTC dan KGTS akan ada banyak program mangrove lainnya yang sangat menarik. Selama satu tahun ke depan, tiap bulan, kami akan menyelenggarakan program-program mangrove kami secara silih berganti, yang bertujuan untuk mengkampanyekan penyelamatan mangrove untuk dunia yang lebih baik. Jadi, jangan sampai ketinggalan, ya. Ikuti terus perjalanan mangroving kami di media sosial, agar tak ketinggalan kesempatan ber-mangroving bareng kami," tutupnya.