20.3.16

Press Release KeSEMaT Goes To School 2016. MANGROVETEEN: The Spirit of Teenagers

Semarang - KeSEMaTBLOG. Dengan ini, diumumkan kepada masyarakat luas, bahwa KeSEMaT Jurusan Ilmu Kelautan UNDIP, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro bekerjasama dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Al Azhar 14, Semarang akan menyelenggarakan program KeSEMaT Goes To School (KGTS) 2016. MANGROVETEEN: The Spirit of Teenagers. Rekan-rekan pers dan media yang ingin meliput kegiatan ini, dapat mencermati press release, di bawah ini:

LATAR BELAKANG
Hutan mangrove merupakan ekosistem yang khas yang terdapat di daerah pantai tropis. Hutan mangrove mengandung sumber daya alam yang sangat melimpah dalam hal nilai ekonomis serta fungsi ekologisnya.

Fungsi hutan mangrove yang paling utama adalah sebagai pencegah abrasi, pencegah intrusi air laut, tempat perkembangbiakan flora dan fauna sehingga hutan mangrove senantiasa harus selalu dijaga kelestariannya.

Pengelolaan hutan mangrove sangat dibutuhkan untuk mempertahankan keutuhan hutan mangrove. Rehabilitasi kawasan hutan mangrove yang telah rusak serta melakukan perbaikan kualitas suatu kawasan pesisir dapat dilakukan dengan jalan menanam vegetasi mangrove di kawasan tersebut.

Untuk itu, diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas yang memiliki kapasitas serta keterampilan yang siap pakai untuk melaksanakan hal itu.

Atas dasar pemikiran tersebut, maka KeSEMaT mengadakan suatu kegiatan yang dinamakan KGTS
2016 yang bertujuan untuk memberikan pembelajaran, pengetahuan dan informasi mengenai ekosistem mangrove kepada pelajar SMP Islam Al Azhar 14 Semarang. Selanjutnya, kegiatan ini juga bertujuan untuk menindaklanjuti program KGTS 2015: Mangrover Ceria.

TUJUAN UMUM
Sarana untuk menumbuhkembangkan semangat konservasi terhadap ekosistem mangrove, umumnya kepada kalangan pelajar, khususnya kepada pelajar SMP Islam Al Azhar 14 Semarang, Jawa Tengah.

TUJUAN KHUSUS
1. Memberi pengertian, penjelasan, pengetahuan dan informasi mengenai ekosistem mangrove kepada pelajar SMP Al – Azhar Semarang, Jawa Tengah.
2. Menindaklanjuti program KGTS 2015: Mangrover Ceria.

DESKRIPSI KEGIATAN
Acara akan dilaksanakan selama satu hari, yaitu pada tanggal 22 Maret 2016. Tema KGTS 2016 kali ini adalah ”MANGROVETEEN: The Spirit of Teenagers”. Rangkaian kegiatan dimulai dari sekolah menuju ke kawasan ekosistem mangrove di Mangunharjo, Semarang.

Kegiatan akan dimulai dengan penyampaian materi mengenai pemanfaatan mangrove, dan perkenalan produk-produk yang berbahan dasar mangrove, dengan membagi siswa/i menjadi beberapa kelompok dan pembukaan stand/booth pengolahan produk mangrove.

Selanjutnya, kegiatan akan dilanjutkan dengan penanaman 1000 bibit mangrove yang akan dilakukan oleh siswa/i kelas VII (tujuh) SMP Islam Al Azhar 14 Semarang. Kegiatan dimulai pada pukul 06.00 WIB s/d pukul 15.10 WIB.

Adapun konten acaranya, sebagai berikut di bawah ini:
Siswa/i akan dibagi menjadi beberapa kelompok, kemudian siswa/i akan memasuki empat pos, yaitu: 1. Pos Mangrove.
2. Pos Olahan Jajanan Mangrove (Mas Jamang).
3. Pos Batik Mangrove (Batik Bakau).
4. Pos KeSEMaT.

Acara dilanjutkan dengan penanaman mangrove, dimana setiap kelompoknya akan diberikan bibit mangrove sesuai dengan jumlah siswa/i dalam kelompok tersebut. Setelah dibagikan bibit mangrove, siswa/i diarahkan oleh panitia untuk menanam-mangrove-bersama dengan kelompok masing-masing.

Penanaman jenis mangrove Rhizophora (Bakau) sebanyak 1000 bibit ini, akan dilakukan di bibir tambak di kawasan mangrove Mangunharjo, Semarang. Sebelumnya, siswa/i akan diberikan pengarahan mengenai teknik penanaman mangrove secara baik dan benar oleh panitia.

JADWAL KEGIATAN
Berikut ini adalah jadwal kegiatan KGTS 2016 selengkapnya:
Pengajaran Mangrove dan Penanaman
Hari/tanggal: Selasa, 22 Maret 2016
Waktu: 06.00 s.d 15.10 WIB
Tempat: Desa Mangunharjo, Kota Semarang

SUSUNAN ACARA
Persiapan Panitia 06.00 – 06.30 WIB
Pembukaan 07.00 – 07.30 WIB
Perjalanan ke Mangkang 07.30 – 08.30 WIB
Pengajaran Mangrove 08.30 – 10.00 WIB
Penanaman Mangrove 10.00 – 11.00 WIB
ISHOMA 11.00 – 12.30 WIB
Penutupan dan Foto Bersama 12.30 – 13.00 WIB
Perjalanan Pulang 13.00 – 14.15 WIB

KONTAK
Segala bentuk korespondensi berkaitan dengan KGTS 2016 dapat ditujukan kepada:

Sdr. Anggi Setiabudi
HP +6282113156550

Staf Menteri Pendidikan dan Penelitian (MENDIKTAN) KeSEMaT

KeSEMaT adalah Unit Kegiatan Kemahasiswaan di bawah Jurusan Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro Semarang.

Kantor KeSEMaT Semarang:
Jl. Ngesrep Barat V/35 Semarang, 50263
Jawa Tengah - Indonesia

P. +6285103527552 F. +62247474698
E. kesemat@undip.ac.id W. www.kesemat.undip.ac.id

Informasi selengkapnya tentang KeSEMaT, silahkan mengunjungi Jaringan KeSEMaTONLINE www.kesemat.undip.ac.id

Demikian press release ini kami buat. Semoga kegiatan ini dapat memberikan pembelajaran, pengetahuan dan informasi mengenai ekosistem mangrove dan meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya kelestarian alam terutama pesisir pantai dan mangrove. Atas kerjasama semua pihak yang mendukung kegiatan ini, kami sampaikan terima kasih.