14.3.16

Press Release Mangrove Restoration 2016: MANGROVEDOELOE

Semarang - KeSEMaTBLOG. Dengan ini, diberitahukan kepada masyarakat luas, bahwa dalam rangka memperingati hari-hari besar lingkungan yang jatuh di awal tahun 2016 dan mengajak masyarakat Indonesia agar lebih peduli dengan kelestarian hutan mangrovenya, maka KeSEMaT kembali akan mengadakan program tahunannya yang melibatkan ratusan peserta, untuk mengkampanyekan penyelamatan mangrove di titik-titik strategis di Kota Semarang. Penasaran?

Simak, keterangan di bawah ini. Jangan lupa, segera daftarkan diri Anda dan organisasi Anda, ya!

Term of References (TOR) Mangrove Restoration (MANGRES) 2016: Peringatan Hari Lahan Basah, Hari Peduli Sampah Nasional, Hari Kehutanan, dan Hari Air Dunia di Desa Mangunharjo, Semarang.

I. JUDUL KEGIATAN
MANGRES 2016: Peringatan Hari Lahan Basah, Hari Peduli Sampah Nasional, Hari Kehutanan, dan Hari Air Dunia di Desa Mangunharjo, Semarang.

II. PELAKSANA KEGIATAN
Kelompok Studi Ekosistem Mangrove Teluk Awur (KeSEMaT).
Kantor KeSEMaT Semarang:
Jl. Ngesrep Barat V/35 Semarang, 50263 Jawa Tengah - Indonesia.
P. +6285103527552 F. +62247474698.
CP. Novian Prahandhy Kusuma +6282133502202.
E. kesemat@undip.ac.id W. www.kesemat.undip.ac.id

III. DURASI KEGIATAN
14 Maret s.d. 8 Mei 2016

IV. MITRA KEGIATAN
KeSEMaT Jurusan Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro, dalam kegiatan ini bekerja sama dengan KeSEMaT Mangrove Volunteer (KeMANGTEER), dan masyarakat Desa Mangunharjo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang.

V. LATAR BELAKANG
Ekosistem hutan mangrove merupakan komunitas tumbuhan pesisir yang memiliki manfaat sangat besar, antara lain sebagai daerah pemijahan jenis ikan tertentu, daerah asuhan ikan-ikan ekonomis penting, penyedia nutrien dan zat hara penting, serta fungsi fisik yang sangat besar, seperti menjaga daerah pesisir dari abrasi.

Secara umum, kondisi mangrove di Indonesia, khususnya Pantai Utara Jawa berada dalam tingkatan yang sangat mengkhawatirkan. Hal ini juga terjadi pada ekosistem mangrove yang ada di daerah pesisir Semarang, khususnya Desa Mangunharjo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang.

Memperhatikan keadaan tersebut, maka pada tahun 2016 ini, KeSEMaT berniat melakukan upaya rehabilitasi mangrove melalui program Mangrove Restoration (MANGRES) 2016.

Pada program ini, KeSEMaT akan melakukan kampanye simpatik, penanaman dan penyulaman terhadap mangrove yang sudah mati dan akan diganti dengan bibit mangrove yang baru di Desa Mangunharjo, Semarang.

Mengingat fungsi mangrove yang berhabitat di lahan basah sangatlah penting, diantaranya sebagai penangkap berbagai sampah yang menuju ke laut dan pencegah intrusi air laut, maka kegiatan MANGRES 2016 diadakan sebagai peringatan Hari Lahan Basah, Hari Peduli Sampah Nasional, Hari Kehutanan, dan Hari Air Dunia.

Kegiatan MANGRES 2016 mengusung tema “Mangrove Doeloe” dengan harapan dapat memotivasi masyarakat umum khususnya generasi muda untuk mengingat dan berkaca kembali mengenai keadaan mangrove pada masa lalu yang lebat dan tidak rusak sehingga penyelamatan mangrove melalui aksi nyata dapat diimplementasikan pada acara ini.

Pengimplementasian pada acara ini ditunjukkan dalam kegiatan-kegiatan berupa Kampanye Simpatik, Long March, Mangrove Art, dan Penanaman Mangrove.

VI. TUJUAN UMUM
Melakukan penanaman dan penyulaman bibit mangrove yang bertempat di Desa Mangunharjo dengan cara mengganti bibit mangrove yang telah mati dengan bibit mangrove yang baru serta menanam bibit mangrove yang baru.

VII. TUJUAN KHUSUS
1. Melakukan kampanye simpatik dalam rangka memperingati Hari Lahan Basah, Hari Peduli Sampah Nasional, Hari Kehutanan, dan Hari Air Dunia.
2. Meningkatkan kesadaran masyarakat atas pentingnya lingkungan khususnya ekosistem mangrove.
3. Memberikan pengetahuan kepada peserta tentang tata cara menanam dan merehabilitasi mangrove secara baik dan benar.
4. Melakukan penyulaman hasil penanaman mangrove yang telah dilakukan oleh KeSEMaT di Desa Mangunharjo.

VIII. DESKRIPSI KEGIATAN
8.1. Pendaftaran KeMANGTEER (Peserta)
Pada tahap ini, KeSEMaT melakukan rekrutmen dan pendaftaran sukarelawan KeSEMaT, yang disebut sebagai KeMANGTEER. Pendaftaran KeMANGTEER, dimulai pada tanggal 14 Maret - 13 April 2016 bertempat di kantor KeSEMaT, Jl. Ngesrep Barat V/35 Semarang, 50263, Jawa Tengah. Adapun sasaran utama KeMANGTEER adalah para mahasiswa dari organisasi mahasiswa se-Jawa Tengah dan masyarakat umum.

8.2. Technical Meeting (TM)
TM akan dilaksanakan pada tanggal 15 April 2016 untuk memberikan informasi kepada para KeMANGTEER mengenai teknis MANGRES 2016 dan persyaratan yang wajib dipenuhi oleh KeMANGTEER selama MANGRES 2016.

TM dilaksanakan di Sayap Kanan Gedung Prof. Soedarto, S.H Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah. Jl. Prof. Soedarto, S.H, Tembalang, Semarang mulai pukul 15.00 - 16.30 WIB.

8.3. Kampanye Simpatik
Kampanye Simpatik akan dilaksanakan pada tanggal 21, 23, dan 24 April 2016 yang dilakukan oleh KeSEMaT, KeMANGTEER dan bekerja sama dengan komunitas-komunitas di Kota Semarang dalam rangka mengajak masyarakat luas agar lebih peduli dengan lingkungan.

Kampanye Simpatik dilakukan dengan cara mengadakan kegiatan Mangrove Flash Mob, Membatik dan berbagai macam permainan yang bertujuan untuk menarik perhatian mahasiswa dan masyarakat umum untuk bisa lebih memaknai dan berbuat lebih terhadap mangrove.

Selain itu, juga akan diadakan kegiatan pembagian stiker dan suvenir yang berisi pesan tentang lingkungan yang diberikan kepada setiap kendaraan yang lewat dan orang yang melintas. Seluruh peserta dan panitia MANGRES 2016 akan melakukan Mangrove Flash Mob (Mangrove Movement) yang juga bertujuan untuk mengampanyekan penyelamatan dan rehabilitasi mangrove.

Kampanye ini juga dilakukan dalam rangka memperingati hari-hari besar lingkungan, seperti Hari Lahan Basah (2 Februari), Hari Peduli Sampah Nasional (21 Februari), Hari Kehutanan (20 Maret), dan Hari Air Dunia (22 Maret). Kampanye Simpatik akan dilaksanakan di kampus UNDIP Tembalang (21 April 2016), kawasan Tugu Muda (23 April 2016) yang kemudian dilanjutkan dalam acara Car Free Day Semarang yang bekerjasama dengan komunitas-komunitas di Kota Semarang (24 April 2016).

Pada kegiatan ini, para peserta MANGRES 2016 diwajibkan untuk membuat headband dengan ketentuan sebagai berikut:

a. Headband terbuat dari bahan karton
b. Pada bagian tengah headband diberi gambar pohon mangrove dengan jenis Rhizophora sp.
c. Pada bagian tengah gambar pohon mangrove diberi tulisan #SAVEMANGROVE dan #MANGROVEDOELOE
d. Ukuran dan bentuk gambar dibuat sekreatif mungkin
e. Warna yang digunakan untuk membuat headband terdiri atas minimal tiga warna dari lima warna berikut, yaitu putih, cokelat, kuning, hijau, atau hitam
f. Pada bagian ujung headband diberi tali sebagai pengikat yang disesuaikan dengan ukuran kepala masing-masing peserta MANGRES 2016
g. Pada bagian belakang headband diberi nama peserta MANGRES 2016

8.4. Penanaman dan Penyulaman Mangrove
Tahapan ini merupakan puncak pelaksanaan MANGRES 2016. Panitia dari KeSEMaT dan KeMANGTEER berkumpul di Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Diponegoro (UNDIP) pada tanggal 1 Mei 2016, pukul 06.30 WIB. Sampai di Desa Mangunharjo direncanakan akan diadakan sambutan yang akan disampaikan oleh Rektor UNDIP, Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UNDIP, Dinas Kehutanan (DINHUT) Provinsi Jawa Tengah, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Tengah, Bina Produksi Provinsi Jawa Tengah, dan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Jawa Tengah.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan penanaman bibit mangrove secara simbolis oleh Rektor UNDIP, Dinas Kehutanan (DINHUT) Provinsi Jawa Tengah, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Tengah, Bina Produksi (BINPRO) Provinsi Jawa Tengah, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Jawa Tengah, yang dilanjutkan dengan penanaman oleh para KeSEMaTER dan KeMANGTEER.

8.5. Pembagian Sertifikat dan Penutupan Acara Kampanye Simpatik
Pembagian sertifikat dan penutupan acara kampanye simpatik dilakukan pada tanggal 7 Mei 2016, yang disertai dengan penggalangan dana KUMANG (Koin Untuk Mangrove) di Ulam Sari, Jl. Tirto Agung No. 62 Tembalang, Semarang pukul 18.30 - 21.00 WIB. Pengumuman Most Available Participant, Pemenang Lomba Twitpic, dan Vidgram MANGRES 2016 akan dilakukan pada kesempatan ini.

8.6. Monitoring dan Evaluasi (MONEV) Hasil Penanaman, serta Penutupan Keseluruhan Acara MANGRES 2016
MONEV merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui perkembangan dari mangrove yang telah ditanam, apakah ada yang perlu dilakukan penyulaman atau tidak. Panitia dari KeSEMaT dan KeMANGTEER berkumpul di Kantor KeSEMaT pada tanggal 8 Mei 2016, pukul 07.30 WIB dan dilanjutkan perjalanan menuju lokasi MONEV, yaitu Desa Mangunharjo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang. Acara ini sekaligus sebagai penutupan keseluruhan acara MANGRES 2016.

8.7. Deskripsi Lomba
Pada kegiatan MANGRES 2016 akan diadakan lomba, yaitu:
1. Lomba Twitpic MANGRES 2016 Lomba ini mengangkat tema “Mangrover Cheerful” yang bertujuan untuk menunjukkan seberapa besar suka cita dan keceriaan peserta MANGRES 2016 terhadap kelestarian lingkungan khususnya ekosistem mangrove. Lomba ini dilaksanakan pada tanggal 23 dan 24 April 2016 yang bertepatan dengan kegiatan Kampanye Simpatik hari kedua dan ketiga di Tugu Muda dan Car Free Day, Semarang.

2. Lomba Vidgram Lomba ini mengangkat tema “Ekspresi Mangrover” dengan harapan peserta MANGRES 2016 dapat menyebarkan semangat mangrover terhadap kelestarian lingkungan khususnya ekosistem mangrove. Lomba ini dilaksanakan pada tanggal 23 dan 24 April 2016 yang bertepatan dengan kegiatan Kampanye Simpatik hari kedua dan ketiga di Tugu Muda dan Car Free Day, Semarang.

8.8. Lomba Twitpic Mangrove
Lomba Twitpic ini khusus bagi peserta MANGRES 2016, dengan persyaratan sebagai berikut:
1. Tema: Mangrover Cheerful.
2. Lomba Twitpic MANGRES 2016 adalah gratis (tidak dikenakan biaya apapun). Seluruh peserta MANGRES 2016 berhak mengikuti lomba ini.
3. Objek foto adalah kegiatan MANGRES 2016, yaitu pada saat acara kampanye simpatik yang berlokasi di Tugu Muda dan Simpang Lima, Semarang.
4. Teknis lomba:
4.1 Peserta DIWAJIBKAN mem-follow akun Twitter @KeSEMaT.
4.2 Peserta DIWAJIBKAN mengunggah 1 foto (1 peserta 1 foto) yang diikutkan lomba melalui akun Twitter, pada hari Sabtu, 23 April 2016 dan Minggu, 24 April 2016 mulai pukul 18.00 - 22.00 WIB. 4.3 Twitpic yang diikutkan lomba harus menunjukkan keceriaaan dan kemeriahan acara.
4.4 Twitpic harus diberi judul/caption yang menarik.
4.5 Twitpic harus di-mention ke Twitter @KeSEMaT, serta menggunakan hashtag #MANGRES2016 #MangroveDoeloe #MangroverCheerful.
4.6 Juri akan memilih dua Twitpic terbaik dari seluruh rangkaian kampanye simpatik MANGRES 2016.
5. Foto harus hasil karya sendiri dan bukan karya orang lain.
6. Tidak diperkenankan melakukan editing.
7. Panitia akan mendiskualifikasi peserta yang tidak mematuhi peraturan di atas.
8. Juri dalam lomba ini adalah Sdr. Ganis Riyan Efendi, S. Kel (founder MANGROVEMAGZ) @MANGROVEMAGZ http://www.mangrovemagz.com.
9. Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
10. Pengumuman pemenang lomba Twitpic MANGRES 2016 akan diumumkan pada saat pembagian sertifikat sekaligus penutupan acara kampanye simpatik.
11. Panitia akan menetapkan Juara I dan II yang akan mendapatkan paket hadiah menarik dan sertifikat dari KeSEMaT.
12. Keluarga besar KeSEMaT tidak diperbolehkan mengikuti lomba ini.

8.9. Lomba Vidgram
Lomba Vidgram terbuka untuk umum, dengan persyaratan sebagai berikut:
1. Tema: Ekspresi Mangrover.
2. Lomba Vidgram MANGRES 2016 adalah gratis (tidak dikenakan biaya apapun).
3. Objek video adalah kegiatan MANGRES 2016, yaitu pada saat acara kampanye simpatik hari kedua dan ketiga yang berlokasi di Tugu Muda dan Car Free Day, Semarang.
4. Teknis lomba:
4.1 Peserta DIWAJIBKAN mem-follow Instagram KeSEMaT.
4.2 Peserta DIWAJIBKAN mengunggah 1 video Instagram (1 peserta 1 video) yang diikutkan lomba melalui akun Instagram, pada hari Sabtu, 23 April 2016 dan Minggu, 24 April 2016, mulai pukul 18.00 - 22.00 WIB.
4.3 Vidgram yang diikutkan lomba harus menunjukkan ekspresi peserta dan kemeriahan acara.
4.4 Vidgram harus diberi judul/caption yang menarik.
4.5 Vidgram harus di-tag ke Instagram KeSEMaT, serta menggunakan hashtag #MANGRES2016 #MangroveDoeloe #EkspresiMangrover.
4.6 Juri akan memilih dua Vidgram terbaik dari seluruh rangkaian kampanye simpatik MANGRES 2016.
5. Tidak diperkenankan melakukan koreksi digital (no editing).
6. Video harus hasil karya sendiri dan bukan karya orang lain.
7. Panitia akan mendiskualifikasi peserta yang tidak mematuhi peraturan di atas.
8. Juri pada lomba ini adalah Sdr. Rohmat Kuslarsono, S.Kel (founder Kuslar Kreatif) @KuslarKreatif http://kemangi.co.id.
9. Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
10. Pengumuman pemenang lomba Vidgram MANGRES 2016 akan diumumkan pada saat pembagian sertifikat dan penutupan acara kampanye simpatik.
11. Panitia akan menetapkan Juara I dan II yang masing-masing akan mendapatkan paket hadiah menarik sekaligus sertifikat dari KeSEMaT.
12. Keluarga besar KeSEMaT tidak diperbolehkan mengikuti lomba ini.

IX. PESERTA
Persyaratan dan Peraturan Peserta
1. Program MANGRES 2016 dikenakan biaya sebesar Rp40.000,00 (Empat Puluh Ribu Rupiah).
2. Peserta MANGRES 2016 adalah para mahasiswa dan masyarakat umum dari seluruh Indonesia.
3. Pendaftaran calon Peserta MANGRES 2016 dimulai dari tanggal 14 Maret sampai dengan 13 April 2016.
4. Calon Peserta MANGRES 2016 dipersilahkan untuk langsung mengisi Formulir Pendaftaran dan Surat Pernyataan sebagai KeMANGTEER MANGRES 2016 di Kantor KeSEMaT, Jl. Ngesrep Barat V/35 Semarang Jawa Tengah INDONESIA. P. +6285103527552 F. +62247474698 E. kesemat@undip.ac.id W. www.kesemat.undip.ac.id.
5. Kegiatan MANGRES 2016 bersifat sukarela, apabila ada hal yang terjadi kepada peserta di luar tanggung jawab panitia.
6. Peserta akan mendapatkan fasilitas berupa kaos, stiker, snack, bibit mangrove, transportasi dan konsumsi pada saat acara penanaman MANGRES 2016.
7. Akomodasi dan transportasi dibebankan sepenuhnya kepada para peserta, kecuali pada saat penanaman mangrove tanggal 1 Mei 2016.
8. Peserta MANGRES 2016 dibatasi hingga 150 orang peserta.
9. Peserta MANGRES 2016 diwajibkan untuk mematuhi tata tertib dan jadwal kegiatan yang diberikan oleh Panitia MANGRES 2016.
10. Sertifikat MANGRES 2016 HANYA AKAN diberikan kepada peserta MANGRES 2016 yang mengikuti minimal empat tahapan yang terdiri dari:
1. Tiga tahapan wajib, yaitu: Acara Kampanye Simpatik di kawasan Tugu Muda (23 April 2016), Acara Kampanye Simpatik pada Car Free Day Semarang (24 April 2016), dan Pada acara penanaman (1 Mei 2016).
2. Satu tahapan lainnya (bebas memilih satu tahapan MANGRES 2016 lainnya), yaitu: Technical Meeting, Latihan Flash Mob, Pembagian Sertifikat dan Penutupan Acara Kampanye Simpatik, dan Monitoring Evaluasi.
11. Pembagian sertifikat dilakukan pada tanggal 7 Mei 2016 yang berlokasi di Ulam Sari, Jl. Tirto Agung No. 62 Tembalang, Semarang

X. JADWAL KEGIATAN
1. Pendaftaran KeMANGTEER
Hari, Tanggal: 14 Maret - 13 April 2016
Waktu: 09.00 – 18.00 WIB
Tempat: Kantor KeSEMaT

2. Technical Meeting (TM)
Hari, Tanggal: 15 April 2016
Waktu: 15.00 – 16.30 WIB
Tempat: Halaman Gedung Soedarto UNDIP Tembalang, Semarang

3. Latihan Flash Mob I
Hari, Tanggal: 18 April 2016
Waktu: 16.00 – 17.30 WIB Tempat: Halaman Gedung Soedarto UNDIP Tembalang, Semarang

4. Latihan Flash Mob II
Hari, Tanggal: 19 April 2016
Waktu: 16.00 – 17.30 WIB
Tempat: Halaman Gedung Soedarto UNDIP Tembalang, Semarang

5. Kampanye Simpatik I
Hari, Tanggal: 21 April 2016
Waktu: 07.00 – 10.35 WIB
Tempat: Depan Gedung Soedarto UNDIP Tembalang, Semarang

6. Kampanye Simpatik II
Hari, Tanggal: 23 April 2016
Waktu: 07.00 – 10.35 WIB
Tempat: Tugu Muda, Semarang

7. Kampanye Simpatik III
Hari, Tanggal: 24 April 2016
Waktu: 06.00 – 08.30 WIB
Tempat: Jalan Pahlawan, Semarang

8. Penanaman Mangrove
Hari, Tanggal: 1 Mei 2016
Waktu: 06.30 – 14.30 WIB
Tempat: Desa Mangunharjo, Semarang

9. Pembagian Sertifikat dan Penutupan Kampanye Simpatik
Hari, Tanggal: 7 Mei 2016
Waktu: 18.30 – 21.45 WIB
Tempat: Ulam Sari, Jl. Tirto Agung No. 62 Tembalang, Semarang

10. MONEV dan Penutupan
Hari, Tanggal: 8 Mei 2016
Waktu: 07.30 – 11.30 WIB
Tempat: Desa Mangunharjo, Semarang

XI. KONTAK
Segala bentuk korespondensi berkaitan dengan MANGRES 2016 dapat ditujukan kepada:

Sdr. NOVIAN PRAHANDHY KUSUMA
Menteri Sekretaris KeSEMaT
M. (+62) 82133502202 P. +6285103527552 F. +62247474698
E. kesemat@undip.ac.id W. www.kesemat.undip.ac.id

KeSEMaT adalah Unit Kegiatan Kemahasiswaan di bawah Jurusan Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro Semarang.

Informasi selengkapnya tentang KeSEMaT, silahkan mengunjungi Jaringan KeSEMaTONLINE www.kesemat.undip.ac.id

NB. Jadwal MANGRES 2016 disusun secara tentative.

XII. PENUTUP
Demikian TOR ini kami buat. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya kelestarian alam terutama pesisir pantai dan mangrove. Atas kerjasama semua pihak yang mendukung kegiatan ini, kami sampaikan terima kasih.