9.5.17

Cegah Abrasi, KeSEMaT dan Peserta Mangrove Restoration 2017 Tanam 2000 Mangrove di Mangunharjo

Semarang - KeSEMaTBLOG. Setelah semua peserta melaksanakan Kampanye Simpatik Mangrove Restoration (MANGRES) 2017: Mangrove Carnival di Car Free Day Simpang Lima pada tanggal 23/4/17 yang lalu, semua peserta kembali melaksanakan rangkaian kegiatan MANGRES 2017, yaitu Penanaman Mangrove di daerah Mangkang Wetan, Semarang.

Kegiatan penanaman mangrove ini merupakan acara puncak dari MANGRES 2017 yang dilaksanakan pada tanggal 30/4/17. Kegiatan diikuti oleh puluhan peserta MANGRES 2017 dan para siswa/i dari SD Mangkang Wetan 1, juga warga setempat.

"Saya sangat senang dengan kegiatan penanaman mangrove ini, karena ini merupakan pengalaman yang sangat seru bagi saya, juga karena saya dapat ikut melestarikan ekosistem mangrove secara langsung,” jelas Sdri. Ken Asti Harimbi, salah satu peserta MANGRES 2017.

“Penanamannya seru, asyik, walaupun kepanasan tapi tetap semangat. Semoga kedepannya hutan mangrove kita bisa terus lestari,” jelas Sdri. Bellatris Santri (staf MENKOMSI) yang ditemui setelah selesai penanaman. “Kegiatan penanaman hari ini kami lalui dengan senang. Kegiatan penanaman ini juga menjadi ajang bagi kami untuk terus menyuarakan pelestarian mangrove,” tambahnya.

Dengan tujuan untuk mencegah abrasi dan menyelamatkan kawasan pesisir di Semarang, di hari itu, telah ditanam 2000 mangrove di Desa Mangunharjo, Mangkang Wetan, Semarang. Penanaman mangrove berjalan dengan baik dan lancar yang diawali dengan sambutan-sambutan, penjelasan teknis cara penanaman, penanaman, hiburan dari KeSEMaTUSTIK, kesan pesan dan penutup.

Kegiatan ini bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Kelautan Perikanan Provinsi Jawa Tengah, Biro Infrastruktur dan SDA Jawa Tengah, dengan media partner dari NET TV Jawa Tengah, Metro Semarang dan MANGROVEMAGZ yang didukung juga oleh Mas Jamang dan PT. Tunas Bersaudara Juwana serta Kelompok Tani Mangrove Kalisantren.

"Kami menanam 2000 bibit Rhizophora yang akan kami lanjutkan dengan program pemeliharaan, monitoring dan evaluasi untuk menjaga kelulushidupannya tetap tinggi," terang Sdri. Winda Ariesta N. F. (MENSEK), selaku Ketua MANGRES 2017. "Setelah ini, masih ada Awarding Night MANGRES 2017 yang akan menghadirkan Guest Star Kak Amrullah Rosadi selaku Pemenang Tayo ASEAN Awards 2016 dan Kak Sulstyowati selaku Mawapres FPIK 2017 serta menghadirkan KeSEMaTUSTIK, yang pastinya bakal makin meriah," pungkasnya. (HHS).