8.5.17

Meriah, Kampanye Simpatik Mangrove Restoration 2017 di Kampus UNDIP

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 17 April 2017, mulai pukul 07.30 - 09.00 WIB, bertempat di sekitar kawasan Gedung Prof. Soedarto, Universitas Diponegoro (UNDIP), KeSEMaT sukses menyelenggarakan acara Mangrove Restoration (MANGRES) 2017, Kampanye Simpatik I yang bertemakan Mangrove Carnival.

Kegiatan ini bertujuan untuk menggugah rasa peduli terhadap pelestarian hutan mangrove Indonesia dan dunia ke seluruh mahasiswa di UNDIP, juga untuk memperingati Hari Air Dunia, Hari Peduli Sampah Nasional, Hari Lahan Basah, Hari Bumi dan Hari Kehutanan.

"Secara tersirat, MANGRES 2017 ini juga sebagai ajang menyuarakan kepedulian terhadap hutan mangrove Indonesia dan dunia yang sudah sangat kritis keadaannya. Terlebih, kesadaran diri akan menyelamatkan mangrove bisa dibilang belum optimal dikalangan anak muda," ujar Sdri. Winda A. N. F. (MENSEK) selaku Ketua MANGRES 2017. "Selain itu, MANGRES 2017 juga merupakan aksi untuk menyemarakkan cinta lingkungan pesisir, baik kepada KeSEMaTER, mitra kerja, mahasiswa, hingga masyarakat umum," tambahnya.

Acara diawali dengan sambutan-sambutan dari Ketua Pelaksana MANGRES 2017, yang dilanjutkan oleh Sdr. Febriyadi Fajar S. (Presiden).

“Kali ini, tema dari MANGRES 2017 adalah Mangrove Carnival. Diharapkan dengan tema tersebut yang identik dengan meriah dan menarik perhatian, maka KeSEMaTER hingga masyarakat umum dapat menumbuhkan rasa peduli mangrove dengan cara massal dan meriah ke semua lapisan masyarakat,” jelas Presiden KeSEMaT.

“MANGRES 2017 yang bertemakan Mangrove Carnival memiliki arti dari dua kata, yaitu Mangrove yang mewakili lingkungan pesisir dan menggambarkan KeSEMaT dan Carnival yang berarti karnaval yang secara harfiah dapat diartikan sebagai sesuatu yang ramai dan menarik simpatik dari setiap orang. Diharapkan dari dua kata tersebut, maka para KeSEMaTER dapat menjadi pionir-pionir yang menyuarakan aksi peduli mangrove kepada seluruh lapisan masyarakat, serta inspiratif dalam menjaga kelestarian mangrove di pesisir,” jelas Sdr. Febriyadi.

Acara ini dihadiri oleh KeSEMaTER, peserta MANGRES 2017, Alumni KeSEMaT (AMaT), Yayasan IKAMaT, CV. KeMANGI, KeMANGTEER dan masih banyak lagi.

"Pagi ini, acara berlangsung sangat meriah. Lebih dari 20-an orang hadir di pagi ini. Kami orasi penyelamatan mangrove secara bergantian. Ditengah orasi, disisipkan teatrikal puisi, flasmob, freeze dan lain-lain," jelas Sdr. Bactiar Eka B. (staf MENDIKTAN), selaku koordinator kampanye. Acara berjalan dengan sukses dan pecah yang ditutup dengan prosesi foto bersama," pungkasnya. (BKY).