12.9.17

Kembangkan Budaya Literasi Mangrove, KeSEMaT dan MANGROVEMAGZ Release Mat Kesem di Webtoon

Semarang - KeSEMaTBLOG. Mat Kesem adalah tokoh komik resmi KeSEMaT yang diciptakan oleh founder KeSEMaT, yaitu Bpk. Aris Priyono, pada tanggal 9 Oktober 2001, tepat saat KeSEMaT didirikan. Namanya diambil dari pengulangan tiga kali nama KeSEMaT.

Tujuan penciptaan Mat Kesem sebenarnya sederhana, untuk menjaga dan mengembangkan literasi mangrove agar tetap terjaga serta membuat agar kampanye mangrove tidak terkesan berat dan menggurui sehingga lebih mudah diterima oleh masyarakat.

Pada perkembangan awalnya, Mat Kesem adalah sosok Detektif Mangrove Indonesia yang digunakan KeSEMaT untuk mengkampanyekan mangrove hanya di jaringan mangrovenya saja. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, konsepnya diubah menjadi komik strip berjargon Komik Edukasi Mangrove dengan banyak tokoh.

Pada tanggal 1 September 2017, KeSEMaT bekerja sama dengan MANGROVEMAGZ resmi me-release Mat Kesem di Webtoon agar semakin banyak yang dapat mengakses kisah-kisah edukatif mangrove Mat Kesem. Tak hanya di Webtoon, Mat Kesem juga hadir di media sosial lainnya, seperti Twitter, Facebook, Instagram bahkan YouTube.

"Dengan adanya Mat Kesem, semoga bisa dijadikan alternatif sumber terpercaya dalam menjaga literasi mangrove. Di era sekarang ini, literasi menjadi sangat penting karena dengan budaya membaca dan menulis yang baik, para mangrover sebagai subjek dapat mengkampanyekan mangrove secara baik," jelas Bpk. Ganis Riyan Efendi selaku Pemred MANGROVEMAGZ.

Lebih jauh, Presiden KeSEMaT, Sdr. Febryadi Fajar S. juga menambahkan bahwa KeSEMaT mendukung kerja sama yang baik dengan MANGROVEMAGZ untuk mengembangkan Mat Kesem. 

"Banyak yang bisa diinformasikan melalui komik strip Mat Kesem. Mulai dari pengetahuan mangrove tingkat dasar hingga agak berat, seperti masalah reklamasi, alih fungsi lahan mangrove untuk sawit, pertambakan, dan lain-lain. Segmentasi Mat Kesem untuk anak-anak dan dewasa. Kedepan, konsep Mat Kesem juga bisa berubah, menjadi Cerita Bergambar atau Cergam misalnya, yang tentunya disesuaikan dengan situasi dan kondisi saat itu," jelasnya.

Semoga kehadran Mat Kesem dapat mewujudkan budaya literasi mangrove yang baik sehingga kampanye mangrove dapat dilakukan secara lebih optimal dan tepat sasaran. Untuk tampilan Mat Kesem di media sosial, silakan follow akun Instagram @MatKesem. (ADM).

No comments:

Post a Comment