10.9.17

KeSEMaT Pembicara 2nd ASEAN Mangrove Congress di Filipina

Manila - KeSEMaTBLOG. Pagi ini (5/9/2017), Bpk. Weka Mahardi (Pendiri KeSEMaT) yang mewakili Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Sdri. Aulia P. Aji (SA MENPORSI) sedang menghadiri acara pembukaan 2nd ASEAN Mangrove Congress di Conrad Luxury Hotel, Manila, Filipina.

"Senang sekali, saya dan Mas Weka dapat terpilih mewakili Indonesia menjadi pembicara di 2nd ASEAN Mangrove Congress. Mas Weka akan mempresentasikan mengenai sedimentasi di concrete wave breaker (APO) dan permeable-dam (HE) dan dikombinasi dengan penanaman mangrove di belakang struktur, dan saya sendiri mengenai Mangrove Education Center of KeSEMaT (MECoK) di Jepara, yang sudah dikembangkan KeSEMaT selama 16 tahun terakhir ini," kata Sdri. Aulia.

Acara berlangsung mulai tanggal 4-8 September 2017 dengan beragam agenda kegiatan. Dalam kesempatan ini, Sdri. Aulia sebagai pembicara, berbicara dihadapan para penggiat mangrove, yang terdiri dari peneliti, akademisi, praktisi dan lain-lain, tak hanya dalam lingkup ASEAN saja, tapi juga Asia Pasifik, Eropa dan Amerika.

Keesokan harinya (6/9/2017), pada pukul 10.00 WIB, Sdri. Aulia sukses mempresentasikan proses pendirian dan pengembangan MECoK yang berada di Teluk Awur, Jepara.

"Senang sekali, saya dapat berbagi inspirasi dan motivasi pengelolaan MECoK dan sistem organisasi KeSEMaT dan afiliasinya kepada para delegasi dari berbagai negara di ASEAN, Asia Pasifik, Eropa dan Amerika. Mereka sangat kagum dengan KeSEMaT, mengingat kami masih mahasiswa namun sudah banyak berkarya untuk mangrove, bahkan beberapa diantaranya adalah follower aktif media sosial KeSEMaT," jelasnya.

Setelah mempresentasikan pengelolaan MECoK di Jepara dan konsep Mangrove Is Lifestyle, KeSEMaT menuai pujian dari delegasi kongres, yaitu Bapak Dan Friess, staf pengajar dari National University of Singapore (NUS).

Setelah berbincang dengan Sdri. Aulia, dia juga menyampaikan pujian melalui akun Twitternya:

@danfriess: #Mangrove is lifestyle! Great marketing by @KeSEMaT at @ASEANmangrove Congress!

@danfriess: Very happy to meet the passionate @KeSEMaT crew! Keep spreading the word about #mangroves!

Sdri. Aulia juga mengikuti beberapa pertemuan penting dengan para delegasi dari berbagai negara dan melakukan site visit ke Subic Bay Freeport, sebuah kawasan konservasi di Filipina, dimana terdapat perauran yang ketat untuk menjaga kawasan ini dari kerusakan. (DANFRIESS/APA/WM/ADM).