13.8.07

Hasil KGTC 2007 di Trimulyo, Semarang

Trimulyo - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 10 - 12 Agustus 2007, Dinas Kelautan dan Perikanan Pemerintah Kota (DKP PEMKOT) Semarang, bekerjasama dengan MAP dan KeSEMaT sukses menyelenggarakan Mangrove Conservation: Penyuluhan dan Penanaman Mangrove (KGTC 2007) yang dipusatkan di Kelurahan Trimulyo - Genuk, Semarang. Acara diikuti kurang lebih 60 orang peserta yang berasal dari perangkat Desa Trimulyo, masyarakat, guru, kelompok nelayan, mahasiswa (UNDIP, UNNES, ITS, UNRI, IPB, POLITEK) dan Karang Taruna setempat.

Acara konservasi ini, diawali dengan penyuluhan mangrove (jenis mangrove dan binatangnya serta manfaat mangrove dari segi ekonomi dan ekologi) oleh KeSEMaT (Aris Priyono - DK), yang kemudian dilanjutkan dengan penanaman mangrove bersama, di pesisir pantai sampai dengan muara untuk mencegah abrasi. Jenis mangrove yang ditanam adalah Rhizophora mucronata dan R. apiculata, sebanyak 6000 bibit

Program monitoring akan dilakukan selama tiga bulan ke depan dengan pemeliharaan, penyulaman dan penelitian mengenai jenis mangrove yang telah ditanam. Tujuan dari program monitoring ini adalah untuk memastikan bibit mangrove yang telah ditanam bisa tertanam dan hidup dengan baik sehingga tujuan ekologinya sebagai pencegah abrasi pantai bisa tercapai.