1.12.08

Hasil Pengamatan Burung Air KeSEMaT dan HALIASTER UNDIP di Jepara

Jepara - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 30 November 2008, KeSEMaT dan HALIASTER - Universitas Diponegoro (UNDIP), sebuah komunitas pecinta burung di Semarang, telah melakukan Monitoring Mangrove dan Pengamatan Burung Air (MMDPBA) di Arboretum Mangrove KeSEMaT, Teluk Awur Jepara. Dalam kesempatan ini, KeSEMaT diwakili oleh para KeSEMaTERS, yaitu Indriatmoko (Anggota), Isna Bahtiar (DP), Dira Khurniawan (DP), Sunanto Kusuma P. (MENSEK), Windy Indra Ardiansyah (MENDIKTAN), Faradhian Fahmi (MENPORSI) dan Aris Priyono (DK). Selain KeSEMaT dan HALIESTER, MMDPBA juga diikuti oleh para mahasiswa dari jurusan Teknik Lingkungan UNDIP. Total peserta adalah 13 orang.

Acara dimulai dengan berkumpul di Kantor KeSEMaT pada pukul 07.00 WIB. Selanjutnya, pada pukul 07.30 WIB, para peserta MMDPBA menuju ke Teluk Awur Jepara dengan menggunakan motor. Setelah beristirahat di kantin kampus jurusan Ilmu Kelautan UNDIP, pengamatan burung air dilakukan dengan cara menyisir di sepanjang pantai Teluk Awur Jepara menuju ke Arboretum Mangrove KeSEMaT.

Dari hasil pengamatan dengan teropong, meskipun tidak ditemukan sarang, tercatat sedikitnya dua puluh spesies burung air yang menjadikan Arboretum Mangrove KeSEMaT sebagai tempat bersosialisasi dan mencari makan. Setelah selesai mengadakan monitoring mangrove dan pengamatan burung air, para peserta MMDPBA kembali ke Semarang. Keseluruhan acara MMDPBA diakhiri pada pukul 21.00 WIB .

No comments:

Post a Comment