28.7.09

MECoK yang Makin Mencolok

Jepara - KeSEMaTBLOG. Seiring dengan berjalannya waktu, Mangrove Education Center of KeSEMaT (MECoK) atau Pusat Pendidikan Mangrove KeSEMaT yang mulai diinisiasi pembangunannya sejak tahun 2003, makin hari makin mencolok saja. Saat dikunjungi oleh para peserta MANGROVE REpLaNT (MR) 2009 kemarin (24 -26/07), MECoK nampak semakin menawan saja, karena memiliki papan nama yang baru. Lihatlah foto di samping ini, di foto tahun 2009, MECoK yang telah memiliki pohon muda mangrove dengan ketinggian kurang lebih 5 meter ini, terlihat sangat hijau karena memiliki kelulushidupan lebih dari 95%.

Membandingkan foto MECoK di atas, terlihat jelas bahwa di tahun 2003 (foto paling kiri) belum ada batang-batang mangrove yang tumbuh di MECoK, karena memang inisiasi penanaman yang dilakukan KeSEMaT, barulah dimulai. Namun, setelah tahun 2003, ratusan ribu batang pohon mangrove telah ditanam dan dipelihara di lokasi ini sehingga di tahun 2005 (foto tengah), mulai menunjukkan keberadaannya.

Selanjutnya, di tahun 2009 (foto paling kanan), batang pohon mangrove yang dulunya setinggi para KeSEMaTERS (baca: orang dewasa), kini sudah menjulang tinggi melampaui KeSEMaTERS. Sungguh ini adalah sebuah berkah yang tak terhingga bagi kami. Cucuran keringat, tetesan air mata dan aliran darah kami yang mengalir deras di setiap melaksanakan program-program mangrove kami, terasa terbayar sudah.

Kini, di tahun 2009, MECoK yang dulu tak punya apa-apa, kini makin kaya. MECoK, benar-benar makin mencolok! Kunjungan demi kunjungan dari masyarakat, tak pernah berhenti, datang dan pergi untuk sekedar melihat keindahan flora dan fauna di dalamnya. Terima kasih, Tuhan. Salam MANGROVER!

No comments:

Post a Comment