29.7.09

Meriahnya Pelatihan Pembibitan Mangrove di MECoK

Jepara - KeSEMaTBLOG. Lihatlah foto di samping ini. Ini adalah pemandangan kemeriahan pelatihan pembibitan mangrove di Mangrove Education Center of KeSEMaT (MECoK), Desa Teluk Awur Jepara. Pelatihan pembibitan yang dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2009 mulai pukul 06.00 WIB ini, diikuti oleh semua Peserta MANGROVE REpLaNT (MR) 2009: Seminar Nasional, Pelatihan dan Penanaman Mangrove. Tak hanya peserta saja, tiga orang trainer pelatihan dari KeSEMaT, yaitu Sdr. Windy Indra Ardiansyah (DP), Sdr. Sunanto Kusuma Pradono (DP) dan Bapak Agus Susanto (IKAMaT), juga telah siap di MECoK, guna mendampingi para Peserta MR 2009.

Pelatihan dimulai dengan pembagian kelompok Peserta MR 2009 yang dibagi menurut wilayah asal peserta. Pembagian dipandu oleh trainer yang selanjutnya diikuti dengan penempatan diri dari masing-masing kelompok berdasarkan wilayahnya tersebut. Setelah itu, Peserta MR 2009 mulai membibitkan ratusan propagul mangrove yang terdiri dari tiga spesies, yaitu Rhizophora, Ceriops dan Bruguiera.

Propagul mangrove, tiga spesies, satu per satu dimasukkan ke dalam sebuah polybag yang sesuai dengan ukurannya. Untuk jenis Rhizophora dan Bruguiera, polybag yang digunakan berukuran lebih besar daripada polybag yang digunakan untuk Ceriops. Sedimen yang digunakan sebagai pengisi polybag diambil dari tanah sekitar bedeng persemaian.

Setelah memasukkan semua propagul mangrove ke dalam polybag, Peserta MR 2009 dipersilahkan untuk menanyakan berbagai hal seputar teknik pembibitan mangrove yang sekiranya belum mereka mengerti, kepada para trainer.

Pelatihan pembibitan mangrove di MECoK ini, diakhiri dengan penjelasan dari para trainer tentang berbagai macam spesies mangrove yang ada di MECoK berikut sejarah pembangunannya.

Tepat pukul 07.30 WIB, para Peserta MR 2009 yang membawa masing-masing dua buah bibit mangrove, meninggalkan bedeng persemaian dan menuju ke bagian lain di MECoK, untuk melakukan penyulaman mangrove.