5.7.09

Kesibukan KeSEMaTERS Menjelang Mangrove REpLaNT 2009

Semarang – KeSEMaTBLOG. Lihatlah foto di samping, ini. Inilah foto kami pada saat tiga minggu menjelang Hari H pelaksanaan Mangrove REpLaNT 2009: Seminar Nasional, Pelatihan dan Penanaman Mangrove. Foto pertama (kiri atas) memperlihatkan para KeSEMaTERS sedang merapatkan berbagai hal detail, berkaitan dengan MR 2009, di Kantor KeSEMaT. Di Kantor kami yang kecil nan bersahaja, terletak jauh dari hingar bingar dan kebisingan jalanan Ngesrep – Semarang yang sibuk, yang berada di seputaran area kampus Universitas Diponegoro (UNDIP), para KeSEMaTERS bisa dengan nyaman bekerja siang-malam, mempersiapkan gelaran akbar MR 2009.

Rapat-rapat MR 2009, menjelang penyelenggaraan MR 2009, lebih difokuskan untuk mematangkan konsep acara dan konfirmasi beberapa buah proposal kegiatan dan sponsoship MR 2009 yang telah disebar jauh-jauh hari, sebelumnya. Tak hanya itu, rapat juga mendiskusikan tentang konsep koordinasi Panitia MR 2009, agar bisa menjamu Pembicara dan Peserta MR 2009 secara maksimal.

Maka, untuk persiapan “penjamuan” tersebut, Panitia MR 2009 yang sebagian besar adalah para mahasiswa dan generasi muda pecinta mangrove ini, rela mengisi hari liburnya untuk bekerja, bekerja dan bekerja demi mangrove dan “mengabaikan” hari liburan semesterannya bersama keluarganya. Sungguh, sebuah pekerjaan yang sangat mulia.

Tak hanya rapat, survei lokasi dan program sosialisasi MR 2009 ke berbagai pihak terkait, juga telah kami lakukan untuk memastikan segala sesuatunya berjalan dengan baik (lihat foto di atas).

Sampai dengan artikel ini ditulis, formulir pendaftaran Peserta MR 2009 sudah mulai kami terima, baik yang mendaftar secara langsung ke Kantor KeSEMaT, maupun via email di Jaringan KeSEMaTONLINE. Para calon Peserta MR 2009 berasal dari hampir seluruh wilayah di Indonesia, seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Ambon dan Papua. Mereka memiliki latar belakang yang berbeda seperti pelajar, mahasiswa, masyarakat umum, LSM dan dinas pemerintah.

Selanjutnya, alasan mereka ingin mengikuti MR 2009 sangatlah beragam, namun rata-rata memiliki satu kesamaan, yaitu ingin mengetahui tentang metode pembibitan, penanaman dan pemeliharaan mangrove yang baik dan benar, untuk diimplementasikan di daerahnya masing-masing.

Sampai dengan tanggal 14 Juli 2009, Panitia MR 2009 masih memberikan kesempatan kepada para calon Peserta MR 2009 lainnya, yang berminat mengikuti program konservasi KeSEMaT yang bertujuan untuk memberikan pelatihan pembibitan, penanaman, pemeliharaan dan pembuatan makanan dan minuman mangrove, sekaligus juga untuk membantu masyarakat Desa Tanggul Tlare Jepara dalam menyelamatkan desa dan tambaknya dari gerusan abrasi. Ayo, daftar MR 2009, SEKARANG JUGA! Salam MANGROVER!