24.8.11

KeSEMaT Menjadi Pembicara di Pelatihan dan Penyuluhan Mangrove Masyarakat Muara Gembong, Bekasi

Bekasi – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 19 Agustus 2011, KeSEMaT menjadi pembicara di acara pelatihan mangrove yang diselenggarakan oleh Pertamina bekerjasama dengan ELKAIL dan Quantum Solusi kepada masyarakat (petani, nelayan dan petambak) Muara Gembong. KeSEMaT yang diwakili oleh Bapak Arief Marsudi Harjo, S.Kel (Direktur Eksekutif) menyampaikan materi tentang “Mari Belajar Mangrove” (Pengertian Mangrove, Peranan Mangrove, Teknik Rehabilitasi Mangrove, Pengelolaan dan Pengolahan Mangrove).

Tidak hanya Bapak Arief saja, dalam kesempatan ini, KeSEMaT juga diwakili Sdr. Abdul Rohman Zaky (IKAMaT) dan Sdr. Cahyadi Adhe Kurniawan (MENPORSI). Acara yang dimulai pada pukul 14.00 WIB – 20.00 WIB dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi penyampaian materi dan diskusi serta sesi FGD. Pada kedua sesi ini, banyak peserta yang bertanya tentang pengalaman-pengalaman KeSEMaT dalam merehabilitasi mangrove di berbagai daerah dan pertanyaan mengenai pengetahuan dasar mangrove dan permasalahan-permasalahan yang dialami di daerah Muara Gembong.

Dalam kesempatan ini, KeSEMaT tidak hanya menjawab semua pertanyaan tetapi juga sekaligus berkampanye akan perlunya konservasi mangrove yang sewajibnya dilakukan oleh semua pihak, baik masyarakat, pemerintah, swasta dan akademisi. Setelah semua sesi selesai, acara ditutup dengan doa dan foto bersama.