1.8.11

Serunya Lomba Gambar Mangrove di KeSEMaT GOES TO SCHOOL 2011

Semarang – KeSEMaTBLOG. Kehidupan Mangrove, Mangroveku Rumahku, Aku Cinta Mangrove, dan lain-lain, adalah beberapa buah judul gambar yang dibuat oleh para murid SD 1 dan SD 2 Trimulyo, Semarang pada saat mengikuti Lomba Gambar Mangrove (LGM) KeSEMaT GOES TO SCHOOL (KGTS) 2011. LGM yang diselenggarakan pada tanggal 29 Juli 2011, mulai pukul 09.00 WIB – 12.00 WIB ini, diikuti oleh kurang lebih 60 orang siswa/i di kedua SD, tersebut. Sebelum memulai LGM, panitia KGTS 2011, memberikan instruksi dan arahan, diantaranya menyampaikan informasi mengenai akan dipilihnya dua juara, yaitu juara 1 dan 2, untuk memperebutkan piala, tropi, dan hadiah menarik lainnya dari KeSEMaT.

Lihatlah foto di atas. Foto-foto ini memberikan informasi kepada kita, betapa adik-adik kita di SD Trimulyo, Semarang sangat antusias dalam mengikuti program LGM KGTS 2011, ini. Sebelum pemenang diumumkan, dengan bangga mereka menunjukkan hasil karyanya kepada para panitia LGM, yang beberapa diantaranya sudah mampu dengan baik dan benar dalam mendeskripsikan ekosistem mangrove lewat gambar. Gambar mereka yang jujur dan polos, rata-rata mengejawantahkan mangrove sebagai sebuah ekosistem yang lebat dan asri, jauh dari kondisi mangrove di pesisir Semarang saat ini, yang “terlindas” dengan area pertambakan, perindustrian, pemukiman dan peruntukan lainnya.

Semoga saja, setelah melihat gambar-gambar mangrove hasil LGM KGTS 2011 yang kami publikasikan di Jaringan KeSEMaTONLINE ini, maka para pemangku kebijakan mangrove di atas sana, dapat sedikit tersentuh hatinya, agar bisa merekonstruksi ulang beberapa kebijakan mangrove yang terbukti tidak efektif dan cenderung merugikan pelestarian ekosistem mangrove di masa depan. Amin. Semangat MANGROVER!