15.8.11

KeSEMaTCOMPETITION 2011 : Lomba Penulisan Cerpen dan Artikel Mangrove Tingkat Pelajar dan Mahasiswa Indonesia

Semarang – KeSEMaTBLOG. Dengan ini, diumumkan kepada para pelajar dan mahasiswa di seluruh Indonesia, bahwa KeSEMaT kembali menggelar program kompetisi mangrove tahunannya bertajuk KeSEMaTCOMPETITION (KC) 2011 : Lomba Penulisan Cerpen dan Artikel Mangrove Tingkat Pelajar dan Mahasiswa Indonesia. Bagi yang berminat mengikuti lomba ini, dipersilahkan untuk mencermati informasi di bawah ini. Selamat berlomba, semoga sukses.

TEMA
Mangroveku, Masa Depanku

LATAR BELAKANG
Mangrove merupakan tumbuhan pesisir yang memiliki peranan sangat penting bagi ekosistem pesisir. Beberapa fungsi mangrove yang penting antara lain adalah sebagai tempat berpijah, beranak pinak dan pembesaran anak bagi fauna pesisir, pencegah abrasi, penjebak polutan, pereduksi gelombang tsunami, ekowisata, pencegah intrusi air laut, pengendali banjir, dan lain-lain.

Selain itu, bersama dengan ekosistem pesisir lainnya, yaitu padang lamun dan terumbu karang, mangrove memegang peranannya yang sangat vital, sebagai penyerap karbon, sehubungan dengan fungsinya dalam perubahan iklim, yaitu mencegah pemanasan global.

Manfaat mangrove yang begitu besar, telah berperan serta dalam menunjang kehidupan manusia dan lingkungannya. Namun demikian, manfaat yang sedemikian besar tersebut, seringkali terlupakan, bahkan menjadi terancam karena pemanfaatan mangrove yang tidak ramah lingkungan.

Penebangan mangrove, pembangunan pertambakan, pendirian perusahaan komersil, reklamasi lahan, pengurukan laut, dan usaha destruktif lainnya untuk merubah habitat mangrove menjadi sebuah lahan komersil telah mengancam kelestariannya di masa mendatang. Kerusakan mangrove telah terjadi di sebagian besar pesisir di Indonesia bahkan dunia.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh masyarakat, swasta dan pemerintah untuk mengembalikan fungsi ekologis mangrove seperti sediakala. Beragam program rehabilitasi mangrove tersebut telah dilaksanakan setiap waktu, namun demikian belum menunjukkan hasil yang maksimal karena tingkat kerusakan ekosistem mangrove yang cukup tinggi.

Dengan memahami kenyataan yang ada, maka diperlukan kerjasama lintas sektoral dengan multi stake holder untuk mengendalikan laju kerusakan ekosistem mangrove yang telah terjadi sekarang ini. Berbagai kalangan diharapkan dapat menyumbangkan perannya dalam turut serta menjaga dan melestarikan mangrove, yang terbukti sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia dimasa sekarang dan akan datang. 

Konsep pelestarian mangrove bottom up dan bukan top down, yang berarti inisiasi pertama dilakukan oleh masyarakat dan bukan pemerintah, telah diujicoba oleh beberapa individu dan komunitas, seperti organisasi mahasiswa, kelompok tani dan swasta, dan terbukti telah mampu mengembalikan lahan mangrove kepada kondisinya yang semula sehingga mampu berfungsi kembali dalam menjaga keseimbangan ekosistem pesisir.

Melalui KeSEMaTCOMPETITION (KC) 2011 : Lomba Penulisan Cerpen dan Artikel Mangrove Tingkat Pelajar dan Mahasiswa, KeSEMaT melalui salah satu departemennya, yaitu Departemen Perpustakaan KeSEMaT (DEPUSMAT) mencoba untuk lebih menggali potensi komunitas muda yang merupakan agen utama dalam perubahan.

Kaum muda Indonesia, baik sebagai individu dan komunitas yang peduli dengan mangrove bisa jadi berjumlah ribuan. Pergerakan kaum muda dan komunitasnya dalam rangka turut serta melestarikan ekosistem mangrove di sekitarnya adalah salah satu hal yang wajib dihargai dan mendapatkan perhatian yang lebih, sehubungan dengan konsep bottom up, di atas.

Untuk itu, dalam KC 2011 ini, karya-karya mangrove yang dikirimkan adalah berupa pandangan atas kepedulian kaum muda dan komunitasnya dalam mengadakan program rehabilitasi mangrove di daerahnya masing-masing, untuk kehidupan masa mendatang yang lebih baik.

Selanjutnya, sehubungan dengan telah dilaksanakannya beragam program pengajaran dan penyuluhan mangrove KeSEMaT, seperti KeSEMaT GOES TO SCHOOL (KGTS) 2011, kepada para pelajar, mahasiswa dan masyarakat di Semarang dan sekitarnya, maka dengan KC 2011, KeSEMaT juga ingin mengetahui seberapa jauh kreativitas pelajar dan mahasiswa di Indonesia dan Semarang pada khususnya, terhadap pengetahuan dan informasi mangrove yang telah disebarluaskan oleh KeSEMaT.

PERSYARATAN UMUM
• Peserta adalah para pelajar dan mahasiswa dari seluruh Indonesia.
• Peserta adalah perseorangan.
• Peserta diperkenankan untuk mengirimkan lebih dari satu karya cerpen dan artikel mangrovenya.
• Pengiriman cerpen dan artikel mangrove dimulai pada tanggal 15 Agustus 2011 sampai dengan 30 September 2011 pukul 24.00 WIB.
• Karya cerpen dan artikel mangrove yang dikirimkan adalah hasil karya orisinil yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya di media manapun, belum pernah diikutsertakan dalam perlombaan sejenis, dan/atau tidak pernah digunakan untuk media komunikasi apapun.
• Dengan mengikuti KC 2011, maka setiap peserta menyetujui bahwa setiap hasil karya yang dikirimkan ke panitia KC 2011 adalah menjadi hak milik KeSEMaT dan akan dipergunakan sebagai media kampanye mangrove KeSEMaT ke komunitas dunia.
• Lomba KC 2011 ini, tertutup untuk keluarga besar KeSEMaT.

TEKNIS PENGIRIMAN
• Karya cerpen dan artikel mangrove yang dikirimkan adalah dalam bentuk file softcopy. Setiap karya dikirimkan ke email KeSEMaT, yaitu kesemat@undip.ac.id dengan subject “Peserta Lomba KC 2011”
• Setiap karya cerpen dan artikel mangrove yang dikirimkan adalah dalam bentuk MS Word dan mengikuti format pemberian nama file (attachment) sebagai berikut: Kategori_Nama Lengkap Peserta_Judul karya Contoh: Cerpen_Annisa Pertiwi_Mangroveku Idolaku.
• Setiap hasil karya yang dikirimkan, harus disertai dengan (1) formulir pendaftaran peserta, (2) fotocopy identitas diri (Kartu Pelajar, KTM, SIM atau KTP) yang masih berlaku dan (3) bukti pembayaran peserta KC 2011.
• Formulir pendaftaran peserta KC 2011 bisa diunduh di Jaringan KeSEMaTONLINE www.kesemat.undip.ac.id atau di sini.
• Biaya pendaftaran setiap peserta adalah sebesar Rp. 20.000 untuk setiap karya di setiap kategori dan dikirimkan ke rekening panitia KC 2011. A.N. : Susi Rusmiati (Bendahara KC 2011). Nomor Rekening : 1360007317495. Bank : Bank Mandiri UNDIP.

PERSYARATAN KHUSUS
1. Kategori Lomba Penulisan Cerpen Mangrove
• Peserta adalah para pelajar dan mahasiswa dari seluruh Indonesia.
• Tema cerpen adalah Mangroveku, Masa Depanku.
• Setiap hasil karya cerpen mangrove diketik dengan huruf Times New Roman 12 di kertas A4 spasi 1,5 dalam format MS. Word, margin standar (atas 4 cm, bawah 3 cm, kiri 4 cm, kanan 3 cm), minimal 5 halaman dan maksimal 20 halaman.
• Setiap hasil karya cerpen mangrove ditulis dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, sistematis dan terstruktur.

2. Kategori Lomba Artikel Mangrove
• Peserta adalah para pelajar dan mahasiswa dari seluruh Indonesia.
• Tema artikel adalah Mangroveku, Masa Depanku.
• Setiap hasil karya artikel mangrove diketik dengan huruf Times New Roman 12 di kertas A4 spasi 1,5 dalam format MS. Word, margin standar (atas 4 cm, bawah 3 cm, kiri 4 cm, kanan 3 cm), minimal 5 halaman dan maksimal 10 halaman.
• Setiap hasil karya artikel mangrove ditulis dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, sistematis dan terstruktur.

PENJURIAN
Dewan juri KC 2011 terdiri dari para Konsultan KeSEMaT dan para ahli dibidangnya. Keputusan dewan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

HADIAH
Pemenang KC 2011 akan mendapatkan hadiah berupa (1) uang tunai, (2) tropi, (3) hadiah dari sponsor dan (4) piagam penghargaan dari KeSEMaT dengan total nilai Rp. 2.000.000,-. Panitia hanya akan menetapkan dua orang pemenang saja dari setiap kategori lomba, yang masing-masing akan mendapatkan hadiah uang sebesar : Juara Pertama Rp. 500.000,- Juara Kedua Rp. 300.000,- Bagi para pemenang yang berdomisili di Semarang, maka paket hadiah akan diberikan pada saat perayaan KeSEMaTBIRTHDAY (KB) 2011 : Peringatan Hari Ulang Tahun KeSEMaT Kesepuluh. Bagi pemenang yang berdomisili di luar Semarang, paket hadiah akan dikirimkan melalui pos ke alamat masing-masing pemenang.

PENGUMUMAN PEMENANG
Pemenang KC 2011 akan diumumkan dan dipublikasikan pada tanggal 3 Oktober 2011 di Jaringan KeSEMaTONLINE www.kesemat.undip.ac.id. Penyerahan hadiah akan dilangsungkan di Kampus Jurusan Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro Semarang, pada tanggal 9 Oktober 2011, pada saat peringatan puncak KB 2011. Para pemenang yang berdomisili di Semarang, akan diundang untuk menghadiri KB 2011, ini.

KONTAK
Segala korespondensi berkenaan dengan KC 2011, bisa dilayangkan kepada
Sdri. Siti Nurul Aini Staf Departemen Perpustakaan KeSEMaT (DEPUSMaT)
CP. +6285733127261 P. (024) 70527552 CP. 085733127261 F. (024) 7474698
E. kesemat@undip.ac.id W. www.kesemat.undip.ac.id

KeSEMaT adalah Unit Kegiatan Kemahasiswaan (UKK) di bawah Jurusan Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang.