5.11.14

Film We Can Make A Difference, Sambut Peserta Mangrove REpLaNT 2014

Semarang – KeSEMaTBLOG. Selama tiga hari, mulai tanggal 24 – 26 Oktober 2014, bertempat di Kampus Diklat Sumbing, yang merupakan bagian dari Badan Diklat Provinsi Jawa Tengah, peserta dari seluruh Indonesia, diantaranya dari Jakarta, Semarang, Surabaya, Jogjakarta, Bandung dan kota lainnya, mengikuti acara tahunan KeSEMaT, bertajuk Mangrove REpLaNT (MR) 2014: Pelatihan dan Seminar Mangrove Nasional yang bertema Mangrove For Reducing Disaster Risks.

Kegiatan di hari pertama, diawali dengan registrasi. Peserta MR 2014, diantaranya berasal dari UNPAD Bandung, UIN Sunan Kalijaga Jogja, INSTIPER Jogja, Universitas Negeri Jakarta, STIMIK Pranata dan UNDIP Semarang.

Tak hanya dari kalangan mahasiswa saja, namun hadir juga KeMANGTEER Jakarta, pasangan suami istri yang notabene adalah relawan lingkungan dan kemanusiaan yang tinggal di Mojokerto, salah satu dosen di UIN Sunan Ampel Surabaya dan masih banyak lagi.

Setelah registrasi, kegiatan dilanjutkan dengan sholat berjamaah dan makan malam. Pembukaan acara MR 2014 adalah acara berikutnya, yang dibuka oleh korlap, diikuti dengan sambutan Ketua Acara MR 2014, Sdr. Hari Prayogi (staf ahli MENPORSI) dan sambutan dan pembukaan MR 2014 oleh Presiden KeSEMaT, Sdr. Dinuarca E. W. 

Pemutaran salah satu film dari KeSEMaT berjudul We Can Make a Difference, dimana menjelaskan kondisi daerah Semarang yang sering mengalami rob, membuat acara Ramah Tamah Peserta dan Panitia MR 2014 menjadi sangat berarti.

Film ini menjelaskan mengenai fungsi dan manfaat hutan mangrove yang sangat penting bagi kehidupan manusia di bumi, dan bagaimana usaha KeSEMaT untuk melestarikannya dengan berbagai cara.

Acara selanjutnya adalah perkenalan peserta dan panitia dengan konsep cerita bersambung, yang dipandu oleh Sdri. Giovanny Eveline W. (MENDIKTAN) dan Sdr. Abdul Majid al Hanif (staf MENDIKTAN).

Pada kesempatan ini, peserta dan panitia MR 2014 saling menceritakan kondisi hutan mangrove di daerah masing-masing, termasuk maksud dan tujuan mereka mengikuti MR 2014.

Kegiatan hari pertama berjalan dengan baik dan lancar, yang ditutup dengan foto bersama dan penjelasan korlap hari kedua tentang kegiatan esok hari. Semangat MANGROVER!