6.11.14

Reportase Hasil Seminar Nasional Mangrove REpLaNT 2014

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 24 Oktober 2014, telah berlangsung Seminar Nasional Mangrove REpLaNT (MR) 2014, berlokasi di Aula Asrama Diklat Sumbing, Badan Pendidikan, dan Pelatihan Provinsi Jawa Tengah. Seminar MR 2014 kali ini mengangkat tema “Mangrove for Reducing Disaster Risks.” Seminar dimulai pada pukul 08.30 WIB - 12.30 WIB.

Acara dimulai dengan sambutan – sambutan dari Ketua Pelaksana MR 2014: Sdr. Hari Prayogi, sambutan Presiden KeSEMaT Kabinet Adiwarna: Sdr. Dinuarca Endra Wasista, sambutan Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Jawa Tengah yang diwakili oleh Bpk. Yudi, dan sambutan terakhir disampaikan oleh Dekan FPIK UNDIP yang diwakili oleh Ketua Jurusan Ilmu Kelautan Dr. Ir. Moh. Yusuf , M.Si, sekaligus membuka acara.

Acara Seminar Nasional MR 2014 dilanjutkan dengan pembacaan do’a yang dibawakan oleh Sdr. Imam Misbach (MENSETSI). Penampilan Tari Semarangan yang dibawakan oleh Sdri. Yunifah dan Rekan-rekan menambah semarak suasana dengan tujuan menyambut peserta MR 2014 beserta tamu undangan yang telah hadir.

Seminar Nasional MR 2014 mendatangkan pembicara dari tiga perwakilan, yaitu praktisi mangrove, pihak swasta dan pemerintahan yang peduli akan kelangsungan hidup ekosistem mangrove.

Materi pertama disampaikan oleh Ibu Yetty Novriani dari Kelompok Kerja Mangrove Kota Semarang (KKMKS). Pada kesempatan ini, KKMKS menyampaikan materi tentang “Peranan dan Kebijakan Kelompok Kerja Mangrove Kota Semarang dalam Pembangunan dan Pengelolaan Ekosistem Mangrove di Jawa Tengah, terutama dalam Bidang Penanggulangan Mitigasi Bencana di Wilayah Pesisir”.

Materi kedua disampaikan oleh Ibu Sri Utami Barokah selaku perwakilan dari CSR PT. Phapros Tbk., yang kali ini berkesempatan untuk memaparkan materi seputar “Peran Pihak Swasta dalam Pembangunan dan Pengelolaan Ekosistem Mangrove di Semarang, Terutama dalam Bidang Penanggulangan Mitigasi Bencana di Wilayah Pesisir.”

Materi terakhir disampaikan oleh Bapak Weka Mahardi sebagai Praktisi Mangrove dari Yayasan Ikatan Alumni KeSEMaT (IKAMaT) dengan bahasan materi “Pengalaman dalam Pembangunan dan Pengelolaan Ekosistem Mangrove di Indonesia, terutama dalam Bidang Penanggulangan Mitigasi Bencana di Wilayah Pesisir.”

Serangkaian acara Seminar Nasional MR 2014 “Mangrove for Reducing Disaster Risks” dimoderatori oleh Sdri. Trialaksita Sari Priska Ardhani (staf MENSEK). Peserta MR 2014 yang berasal dari berbagai latar belakang disiplin ilmu mengikuti acara dengan sangat antusias.

Hal ini terbukti disaat menginjak sesi tanya jawab, seluruh peserta berebut untuk mengajukan pertanyaan. Namun dikarenakan waktu yang terbatas, maka hanya dibuka satu termin untuk sesi tanya jawab.

Permasalahan kebijakan, regulasi, undang-undang, kelulushidupan bibit mangrove dan andil swasta dalam pengelolaan ekosistem mangrove adalah beberapa hal yang dibahas dalam Seminar Nasional MR 2014.

Dengan berakhirnya sesi tanya jawab, maka berakhir pula acara Seminar Nasional MR 2014. Keseluruhan acara berjalan dengan baik dan lancar yang ditutup dengan foto bersama.