3.11.14

KeSEMaT Hadiri Rapat Kunker KKM Kota Probolinggo di Balaikota Semarang

Semarang - KeSEMaTBLOG. KeSEMaT yang diwakili oleh Sdr. Dinuarca E. W. (Presiden) dan Sdr. Hari Prayogi (Staf Ahli MENPORSI) telah menghadiri acara Kunjungan Kerja (Kunker) Kelompok Kerja Mangrove Kota Probolinggo (KKMKP) ke Pemerintahan Kota Semarang, pada tanggal 27 Oktober 2014, yang bertempat di Lantai VIII, Balai Kota Semarang. Acara diawali dengan sambutan Kepala Dinas (Kadin) Pertanian Kota Semarang, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi "Peran Serta Kelompok Kerja Mangrove Kota Semarang (KKMKS) Terhadap Ekosistem Mangrove" yang disampaikan oleh Ibu Kadin Pertanian.

Materi tersebut dipresentasikan dihadapan KKMKP beserta jajarannya dan Kelompok Tani Mangrove Kota Probolinggo. Permasalahan, seperti gangguan hama teritip yang dialami oleh sebagian besar para penggiat mangrove di Probolinggo, dijawab dengan rekomendasi penanaman mangrove pada saat kondisi salinitas perairan rendah.

Selain itu, kerjasama dengan banyak pihak, secara holistik dan multi sektoral, juga disampaikan dalam rangka sinergisitas pengelolaan mangrove.

Dalam kesempatan ini, pihak swasta yang diwakili oleh pihak CSR perusahaan, juga memberikan tanggapannya mengenai peranan aktif swasta dalam turut serta menanggulangi bencana rob dan penurunan lahan di Semarang dan sekitarnya, dengan cara mengadakan berbagai kegiatan pelestarian mangrove, mulai dari pembibitan, penanaman, pengolahan bahan makanan dan juga batik mangrove.

Semoga saja, pengalaman rehabilitasi mangrove yang sudah dikerjakan KKMKS selama kurun waktu empat tahun terakhir ini di wilayah pesisir Semarang, dapat diadopsi di Probolinggo dan semoga saja dengan adanya kegiatan studi banding tersebut, pemerintah yang merupakan pemegang kewenangan pengelolaan mangrove bersama dengan masyarakat Probolinggo, akan dapat selalu melestarikan ekosistem mangrove yang mulai mengalami kerusakan di Jawa Timur.

Setelah pemaparan materi berakhir, kemudian acara ditutup dengan penyerahan bingkisan dari Kadin Pertanian kepada Ketua KKMKP dan diteruskan dengan kunjungan ke lapangan ke lokasi pembibitan mangrove PT. Phapros Tbk yang pengelolaannya juga dibantu oleh KeSEMaT.