6.11.14

Ulang Tahun Ketiga Belas, KeSEMaT Gelar Donor Darah dan Santuni Anak Yatim

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 18 Oktober 2014 yang lalu, KeSEMaT mengadakan Syukuran KeSEMaTBIRTHDAY (KB) 2014 dalam rangka memperingati ulang tahun KeSEMaT yang ketiga belas, yang jatuh pada tanggal 9 Oktober 2014. Puncak peringatan KB 2014 yang mengusung tema MANGROVEMORPHOSIS ini, berlangsung meriah di Rumah Makan Soto Sedeep, Banyumanik, Semarang.

Acara ini mengundang jajaran birokrasi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro, mitra kerja KeSEMaT, UPK mahasiswa, warga binaan, masyarakat umum, afiliasi KeSEMaT, KeMANGTEER, CV. KeMANGI dan juga Yayasan IKAMaT.

Acara dimulai pada pukul 12.30 WIB yang dipandu oleh Sdr. Fahmi Abdullah Basyari (staf MENPORSI) dan Sdri. Luri Nurlaila Syahid (staf MENDIKTAN) selaku MC. Acara pertama, yaitu pembukaan, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dan laporan kegiatan dari KeSEMaT yang disampaikan oleh Sdr. Dinuarca E. W. selaku Presiden KeSEMaT Kabinet Adiwarna.

Acara dilanjutkan dengan laporan kegiatan IKAMaT yang disampaikan oleh Sdr. M. Faizal R. selaku Ketua IKAMaT, laporan kegiatan KeMaNGTEER yang disampaikan oleh Sdr. Hari Prayogi selaku staf ahli MENPORSI dan laporan kegiatan CV. KeMANGI yang disampaikan oleh Sdr. Rohmat Kuslarsono selaku perwakilan dari CV.KeMANGI.

"Dalam usianya yang ketiga belas, UPK KeSEMaT sukses bermetamorphosis menjadi institusi mangrove berskala internasional, dan membangun tiga afiliasi mangrovenya yang lain, yaitu komunitas relawan mangrove KeMANGTEER yang sudah berdiri di delapan kota di Indonesia, yayasan mangrove Yayasan IKAMaT dan perusahaan mangrove CV. KeMANGI," jelas Ketua Pelaksana KB 2014, Sdr. Dyah Putri Utami (staf MENPORSI).

Acara semakin meriah dengan adanya pengumuman pemenang KeSEMaT Competition (KC) 2014 oleh Sdr. Afriza Azis (IKAMaT) selaku perwakilan dari juri KC 2014.

Acara selanjutnya adalah santunan kepada panti asuhan yatim piatu, yang disampaikan secara langsung oleh Sdri. Dyah Putri Utami selaku Ketua Pelaksana KB 2014. Acara dilanjutkan dengan hiburan berupa kesenian Tari Jawa, ramah tamah, penutup, foto dan makan bersama.

Setelah acara syukuran KB 2014 terlaksana pada tanggal 18 Oktober 2014, pada tanggal 22 Oktober 2014, KeSEMaT kembali melakukan rangkaian kegiatan KB 2014 yang kedua, yaitu kegiatan Donor Darah Sukarela di kampus Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), Universitas Diponegoro (UNDIP).

Selain sebagai salah satu rangkaian kegiatan KB 2014, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengajak mahasiswa agar dapat melakukan kegiatan sosial yang bermanfaat untuk orang lain. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama KeSEMaT dengan PMI Kota Semarang, dan FPIK UNDIP.

Acara Donor Darah Sukarela ini dimulai pada pukul 09.00 WIB. Antusias mahasiswa FPIK UNDIP terlihat dengan ramainya tempat donor darah, sejak awal dibuka. Para calon pendonor harus memenuhi kriteria sebelum mendonorkan darahnya.

Syarat-syarat menjadi pendonor, antara lain adalah berat badan minimal 55 kg, hemoglobin minimal 12,5 dan memiliki tensi yang normal.

Selain mahasiswa umum, pengurus IKAMaT, anggota KeMANGTEER dan direksi CV. KeMANGI, para KeSEMaTER juga turut mendonorkan darahnya. Setiap pendonor mendapatkan sebuah souvenir dan sticker dari KeSEMaT, sebagai ucapan terima kasih atas partisipasinya.

Acara berakhir pada pukul 12.30 WIB dengan jumlah total darah yang didapatkan adalah 32 kantong. Alhamdulillah.

Syukuran, donor darah dan pemberian santunan kepada anak yatim adalah fokus utama dalam perayaan ulang tahun KeSEMaT di tahun ini.

Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat untuk orang lain dan dapat menginspirasi para mangrover dimanapun berada, untuk juga dapat berbagi dengan sesamanya. Amin. Semangat MANGROVER!