29.11.16

KeSEMaT Pembicara Diskusi Hari Aspirasi Fraksi PKS DPRD Jawa Tengah

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 7 November 2016, mulai pukul 09.00 - 13.00 WIB, KeSEMaT yang diwakili oleh Sdr. Mahbub Murtiyoso (Presiden) menjadi pembicara di acara Diskusi Hari Aspirasi yang diselenggarakan oleh Fraksi PKS DPRD Jawa Tengah (Jateng).

Bertempat di DPRD Jateng, tema yang diangkat dalam diskusi kali ini adalah "Menyoal Kepedulian Pemuda Terhadap Kehidupan Sosial". Selain KeSEMaT, para pembicara lainnya adalah dari Dinas Pemuda dan Olahraga Jateng dan KAMMI Jateng.

Acara yang juga disiarkan secara langsung di Facebook FPKS Jateng ini banyak mendiskusikan mengenai berbagai hal seputar peran pemuda dalam kehidupan sosial, tak terkecuali mengenai masalah lingkungan.

"Di Jawa Tengah sendiri, terdapat peran serta warga pesisir yang mencoba mandiri dalam menyelamatkan kawasan mangrovenya. Gerakan mereka dipelopori oleh kaum muda. Dari KeSEMaT sendiri, kami juga membentuk warga binaan di Mangkang, yang memproduksi batik dan kuliner mangrove. Yang terbaru, bersama PT. Phapros dan Yayasan IKAMaT, kami juga mengembangkan ekowisata mangrove Maroon Mangrove Edu Park atau disingkat Maroon MEP di kawasan pantai Maron. Semua ini bertujuan untuk membantu meningkatkan mata pencaharian dan kesejahteraan warga sekitar kawasan mangrove," jelas Presiden KeSEMaT, saat memaparkan presentasinya.

Sdr. Mahbub menambahkan bahwa mangrove bukanlah SDA yang tidak bermanfaat, melainkan sebaliknya.

"Dengan pemanfaatan yang tepat, yaitu dipetik dan tidak ditebang, maka hutan mangrove dapat mendatangkan banyak manfaat. Saat ini, banyak yang masih kurang mengerti mengenai pemanfaatan mangrove, padahal hutan mangrove kita kaya fungsi dan manfaat," jelasnya lebih lanjut.

Selesai memberikan paparannya, KeSEMaT dan nara sumber lainnya ikut berdiskusi dengan para peserta mengenai berbagai hal seputar peranan pemuda dalam kehidupan sosial. (AH).