4.11.16

Meriah, Puncak Perayaan 15 Tahun KeSEMaT

Semarang - KeSEMaTBLOG. KeSEMaT merupakan Unit Pelaksana Kegiatan (UPK) yang telah berdiri sejak tahun 2001, tepatnya pada tanggal 9 Oktober. Selama 15 tahun ini, KeSEMaT telah banyak menebar inspirasi mangroving dan mendapatkan banyak penghargaan dari dalam dan luar negeri sehingga mendapatkan julukan UPK Universitas Diponegoro (UNDIP) yang berhasil Go International.

KeSEMaT merupakan UPK yang bergerak di bidang mangrove, di bawah Jurusan Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, UNDIP.

Hari Jumat, 21 Oktober 2016 yang lalu, KeSEMaT mengadakan Syukuran KeSEMaTBIRTHDAY (KB) 2016 dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun KeSEMaT yang kelima belas, yang jatuh pada tanggal 9 Oktober 2016.

Puncak peringatan KB 2016 yang mengusung tema “Perjalanan Mangrover” ini, berlangsung sangat meriah di Roemah Joglo nDoro Bei, Banyumanik, Semarang.

Tema tersebut merupakan tema yang bertujuan untuk mengingat dan melihat kembali masa-masa KeSEMaT dari awal terbentuk hingga dibangun sampai sekarang.

“Semoga perjalanan mangrover selama 15 tahun ini, bisa menjadi inspirasi bagi semua kalangan, untuk tetap menjaga mangrove demi keberlangsungan hidup anak cucu kita di masa depan. Tahun ini, KeSEMaT dianugerahi sebagai Organisasi Terbaik di ASEAN," kata Sdr. Mahbub Murtiyoso selaku Presiden KeSEMaT.

Malam puncak perayaan KB 2016 yang diketuai oleh Sdr. Putri Naomi Tambunan (staf MENPORSI) ini dihadiri oleh kurang lebih 50 orang tamu undangan.

Tamu undangan datang dari berbagai kalangan, baik dari mahasiswa, masyarakat, dinas dan kolega KeSEMaT lainnya.

Sebelum tamu undangan memasuki venue, mereka dipersilahkan berfoto terlebih dahulu di photo booth yang telah disiapkan. Acara dibuka oleh MC pada pukul 19.30 WIB, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan.

Acara berikutnya adalah pengumuman pemenang KC (KeSEMaTCOMPETITION) dan dilanjutkan dengan Launching Mangrove Map oleh Bapak Bagus R. D. A. selaku CEO Mangrove MAP.

Acara dilanjutkan dengan simbolisasi pemotongan tumpeng yang diwakilkan oleh Bapak Arief Marsudi Harjo selaku Komisaris CV. KeMANGI.

Sebelum pemotongan tumpeng, Bapak Arief Marsudi Harjo mengucapkan harapan untuk kemajuan KeSEMaT ke depan.

"KeSEMaT ini luar biasa, UPK mahasiswa namun memiliki banyak karya. Punya yayasan, perusahaan, komunitas relawan di 11 kota besar di Indonesia dan mitra kerja sangat luas dari dalam dan luar negeri. Semoga KeSEMaT terus menebar inspirasi, penuh karya dan jadi motivasi bagi kita semua untuk tetap mengkampanyekan pelestarian mangrove ke seluruh dunia," ujarnya.

Acara juga dimeriahkan oleh KeSEMaTUSTIK yang melantunkan tiga buah lagu dan kisah-kisah mangroving yang menginspirasi semua hadirin. Acara ditutup dengan foto bersama. (Penulis: Ema Septiani/Foto: Khalid H. D. A. - KeSEMaT).