9.11.16

Pendaftaran Hackathon of Mangrove Conservation Telah Dibuka

Semarang - KeSEMaTBLOG. Dengan ini, diumumkan kepada masyarakat luas, khususnya generasi muda Indonesia bahwa KeSEMaT bekerja sama dengan YSEALI (Young South East Asia Leadership Initiative), sebuah organisasi kepemudaan internasional akan menyelenggarakan kegiatan sangat menarik bernama HACKMANGCON (Hackathon of Mangrove Conservation).

Kegiatan ini berusaha mengumpulkan para "hacker" dalam arti positif, yaitu para pemuda yang peduli pada kelestarian lingkungan dan mangrove dari seluruh Indonesia.

HACKMANGCON akan berisi banyak pelatihan mengenai industri mangrove kreatif, teknik manajemen kampanye mangrove di era digital, penanaman mangrove, field trip dan lain-lain yang semua pembiayaannya akan ditanggung oleh panitia. Bagi yang tertarik mengikuti program ini, dipersilakan untuk mencermati keterangan di bawah ini.

LATAR BELAKANG
HACKMANGCON adalah sebuah program pelatihan bagi pemuda yang peduli terhadap lingkungan untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinannya dalam rangka penyelamatan ekosistem mangrove yang dilaksanakan dengan berbagai bentuk kegiatan.

Program ini didanai Alumni Thematic International Exchange Seminars (Alumni TIES) dan Biro Pendidikan dan Kebudayaan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat yang kemudian dilaksanakan oleh World Learning.

HACKMANGCON juga sebagai bentuk perayaan ulang tahun alumni YSEALI yang ke-3. Program ini dilaksanakan oleh alumni YSEALI dan berkolaborasi dengan KeSEMaT yang merupakan organisasi kepemudaan internasional dibidang mangrove.

TUJUAN UMUM
Menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan semangat konservasi pelestarian ekosistem mangrove kepada kalangan pemuda.

TUJUAN KHUSUS
1. Meningkatkan kesadaran peserta akan pentingnya jiwa kepemimpinan dalam melakukan konservasi mangrove.

2. Meningkatkan kesadaran peserta akan pentingnya ekosistem mangrove.

3. Memberikan pelatihan peserta tentang tata cata membibit, menanam, merawat, dan menjaga kelangsungan ekosistem mangrove.

4. Membuka wawasan peserta tentang upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk kelestarian mangrove.

5. Memberikan pengetahuan tentang manfaat pengolahan ekosistem mangrove.

6. Memberikan keterampilan dalam pewarnaan batik berbahan dasar mangrove.

ACARA, WAKTU, DAN TEMPAT PELAKASANAAN
Program ini berbentuk pelatihan dan workshop yang dilakukan secara intensif, mulai tanggal 2 - 4 Desember 2016, bertempat di Balai Pelatihan Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah.

DESKRIPSI KEGIATAN
1. HACKMANGCON akan dibuka langsung oleh alumni YSEALI pada tanggal 2 Desember 2016.

2. Kelas Introducing Mangrove Ecosystem and Its Historical Conservation
Kelas akan dilaksanakan di dalam ruangan yang akan disampaikan oleh praktisi mangrove Yayasan Inspirasi Keluarga KeSEMaT (IKAMaT).

3. Pelatihan Pembuatan Batik Berbahan Dasar Mangrove

Para peserta akan diberikan pelatihan mengenai teknik membuat batik dari buah mangrove yang telah kering dan busuk oleh trainer dari Batik Bakau, yang merupakan label batik mangrove dari Semarang yang berhasil menjual batik mangrovenya hingga ke manca negara. Pelatihan ini akan dilaksanakan di halaman Balai Pelatihan Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah yang akan dipandu langsung oleh Tim Batik Bakau.

4. Pelatihan Pengolahan Makanan Berbahan Dasar Mangrove

HACKMANGCON akan memperkenalkan kepada peserta bagaimana caranya mengolah makanan dari buah mangrove dengan cara memetiknya dan bukan menebangnya. Mas Jamang adalah salah satu label kuliner mangrove yang terkenal di Indonesia. Trainer dari Mas Jamang akan mendemonstrasikan bagaimana caranya mengolah buah mangrove menjadi makanan dan minuman yang lezat dan sehat. Pelatihan akan dilaksanakan di halaman Balai Pelatihan Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah.

5. Workshop How to Conserve Mangrove in Digital Era?

HACKMANGCON akan mengedukasi peserta bagaimana caranya mengemas media sebagai sarana yang efektif dalam mengkampanyekan dan mengispirasi masyarakat dalam pelestarian ekosistem mangrove. Peserta akan mendapatkan pelatihan langsung dari praktisi mangrove KeSEMaT yang sudah menekuni konsep kampanye mangrove di era digital dalam 15 tahun terakhir.

6. Leadership Dialogue How to Lead the People Towards Sustainable Mangrove Development

HACKMANGCON juga akan mengajak peserta untuk membahas peran generasi muda dalam memimpin penyebarluasan kesadaran konservasi mangrove, tak hanya di Indonesia saja tetapi juga ke seluruh dunia.

7. Fashion Show Batik Bakau and Cultural Performance
Ini merupakan malam puncak HACKMANGCON sekaligus sebagai perayaan ulang tahun YSEALI yang ke-3, dan akan menampilkan kreasi-kreasi busana Batik Bakau yang akan diperagakan oleh model yang dikemas fashion show.

8. Mangrove Eco Tourism Workshop

Para peserta akan berkunjung ke ekowisata mangrove ternama di Semarang yang dikembangkan oleh Yayasan IKAMaT dan mitra kerjanya. Para peserta akan mempelajari bagaimana cara memulai dan mengembangkan konsep ekowisata mangrove berbasis masyarakat.

9. Pelatihan Pembibitan Mangrove

Kegiatan ini akan dilaksanakan di Maroon MEP dan dipandu langsung oleh Kelompok Petani Mekar Tani Lindung (METAL) selaku pengelola Maroon MEP.

10. Penanaman mangrove akan dibimbing langsung oleh praktisi mangrove KeSEMaT dan Yayasan IKAMaT.

11. Field trip akan dilaksanakan di Lawang Sewu, Semarang.

PESERTA
Para peserta yang akan hadir di HACKMANGCON, yaitu pelajar, mahasiswa dan LSM yang bergerak dibidang pelestarian lingkungan dan mangrove dengan rentang usia 16 – 25 tahun. Jumlah kuota peserta terbatas, yaitu hanya 20 orang.

PENDAFTARAN
Pendaftaran dibuka mulai tanggal 9 – 20 November 2016 yang dilakukan secara online dengan ketentuan peserta adalah sebagai berikut:

1. Pemuda/i berumur 16 - 25 tahun.
2. Warga Negara Indonesia.
3. Aktif di lembaga/organisasi konservasi lingkungan.
4. Mempunyai komitmen yang kuat dibidang konservasi ekosistem mangrove.
5. Mempunyai kemampuan kepemimpinan.

Download formulir pendaftarannya di sini.

Kirimkan kembali formulir pendaftaran yang telah diisi lengkap, paling lambat tanggal 20 November 2016 ke e-mail hackmangcon@gmail.com (form dapat diisi dengan menggunakan bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia).

BIAYA
Program ini tidak dikenakan biaya apapun (gratis), semua biaya akomodasi pada saat acara berlangsung akan ditanggung oleh panitia.

FASILITAS
Penginapan di Asrama Balai Pelatihan Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah, transportasi bus dari penginapan ke Maroon MEP (PP), bibit mangrove, T-shirt, konsumsi, sertifikat, seminar kit, dan goodie bag.

KONTAK
Segala korespondensi berkenaan dengan HACKMANGCON, dapat ditujukan kepada:
Sdr. Fahmi A.B. (Dewan Penasihat KeSEMaT). HP. 081212834834.

PENUTUP
Demikian TOR HACKMANGCON ini kami susun, sebagai acuan demi suksesnya acara. Atas perhatian dan kerja sama yang diberikan, kami ucapkan terima kasih. Informasi lebih lanjut, silakan berkunjung ke website http://hackmangcon.weebly.com. (HAF).