4.11.16

Peserta MANGROVE REpLaNT 2016 Tanam 2000 Mangrove di Maroon Mangrove Edu Park

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 30 November 2016, peserta MANGROVE REpLaNT (MR) 2016: Mangrove For Sustainable Development melakukan penanaman 2000 bibit mangrove di Maroon Mangrove Edu Park (Maroon MEP), Semarang. Kegiatan penanaman mangrove ini merupakan acara puncak dari MR 2016 yang dilaksanakan selama tiga hari, mulai tanggal 28 - 30 November 2016.

Kegiatan penanaman mangrove diikuti oleh lebih dari 70-an orang yang berasal dari berbagai kalangan, seperti pelajar SD, pelajar SMA, mahasiswa, warga sekitar tapak, kelompok tani, peserta MR 2016, dinas, LSM, perusahaan dan lain-lain.

“Saya sangat antusias dengan kegiatan penanaman ini, karena di sini juga dijelaskan tentang bagaimana caranya menanam mangrove dengan teknik yang baik dan benar,” jelas Sdri. Dewi, salah satu peserta MR 2016.

Sementara itu, panitia MR 2016 juga sangat senang karena peserta antusias mengikuti penanaman mangrove di Maroon MEP yang merupakan salah satu ekowisata mangrove yang terdapat di Semarang.

“Saya juga sangat senang dengan antusiasme dari para peserta dalam menanam mangrove ini. Saat kegiatan berlangsung, saya tadi memberikan informasi tentang teknis bagaimana menanam mangrove yang baik dan benar agar kelulushidupannya tinggi,” jelas Sdri. Ema Septiani (staf MENSETSI) yang ditemui saat menjelaskan teknis penanaman mangrove kepada peserta.

Presiden KeSEMaT dalam sambutannya juga menambhakan bahwa KeSEMaT berkomitmen untuk terus melakukan kampanye pelestarian mangrove, tak hanya di Semarang dan Indonesia saja, tapi juga sudah merambah ASEAN dan belahan dunia lainnya.

“Kegiatan penanaman hari ini kami lalui dengan senang. Kegiatan penanaman ini juga menjadi ajang bagi kami untuk terus mengkampanyekan dan menyuarakan kelestarian mangrove, tak hanya di Semarang saja, tapi juga di Jawa Tengah, Indonesia dan dunia,” tambah Sdr. Mahbub Murtiyoso (Presiden).

Kegiatan penanaman dimulai dengan sambutan-sambutan dari Ketua Panitia MR 2016, Presiden KeSEMaT dan perwakilan dari Bina Produksi Jawa Tengah yang mendukung penyelenggaraan MR 2016.

Acara dilanjutkan dengan simbolisasi penanamn dan briefing penanaman mangrove oleh panitia. Lokasi penanaman mangrove berada di sekeliling area pertambakan yang dikelola oleh Kelompok Tani Mekar Tani Lindung, binaan PT. Phapros atas pendampingan Yayasan IKAMaT.

Setelah penanaman 2000 bibit Rhizophora selesai, peserta dan panitia melakuklan bersih diri yang dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat MR 2016 dari KeSEMaT kepada para peserta, yang ditutup dengan doa dan foto bersama. (Penulis: Anggi Setiabudi/Foto: Tania Pusparani - KeSEMaT).