30.11.16

KeSEMaT Trainer Penanaman Mangrove Makrab Penerima Beasiswa Kartini di MECoK, Jepara

Jepara - KeSEMaTBLOG. KeSEMaT menjadi trainer dan memberikan materi tentang pengenalan, identifikasi, pembibitan, penanaman, pemeliharaan dan pengolahan mangrove dalam acara Makrab Penerima Beasiswa Kartini yang diselenggarakan oleh Yayasan Mata Air, Jepara di asrama Universitas Diponegoro (UNDIP), Teluk Awur, Jepara.

Pemberian materi tersebut dilakukan kepada siswa SMA/SMK penerima beasiswa Kartini se-Jepara, pada hari Minggu, 20 November 2016, mulai dari pagi hingga siang hari. Siswa/i SMA/SMK penerima beasiswa berjumlah 25 orang ditambah dengan panitia acara makrab.

Acara dibuka dengan perkenalan dari KeSEMaT, kemudian dilanjutkan dengan materi pengenalan ekosistem dan pengolahan mangrove.

“Peserta sangat antusias dalam mendengarkan materi dan sangat aktif dalam bertanya tentang mangrove. Peserta sepertinya ingin tahu cara membuat olahan mangrove, seperti Batik Bakau dan Mas Jamang, dua label dari KeSEMaT yang masing-masing mengolah mangrove menjadi batik dan kuliner,” ujar Sdr. Ramli Kartika Y. (MENWEBNET).

Setelah itu, peserta diajak jalan-jalan menyusuri pantai Teluk Awur, sekaligus mempraktekan cara mengidentifikasi mangrove sepanjang pantai, mulai dari belakang asrama hingga ke Mangrove Education Center of KeSEMaT (MECoK). Peserta dibekali dengan buku identifikasi mangrove dan didampingi oleh KeSEMaT.

"Kami senang, dapat berbagi ilmu mengenai pengolahan, pembibitan dan penanaman mangrove kepada Adik-adik penerima beasiswa Kartini. Terima kasih kepada Yayasan Mata Air yang sudah berinisiatif untuk mengajarkan adik-adik mengenai mangrove dan berkunjung ke MECoK kami," kata Sdr. Mahbub Murtiyoso (Presiden).

Acara dilanjutkan dengan pemberian materi tentang pembibitan mangrove dan kemudian dilanjutkan dengan penanaman mangrove sebanyak 40 bibit Rhizophora di MECoK. Acara berlangsung dengan baik dan lancar yang diakhiri dengan foto bersama. (RKY).