5.4.17

Lewat KGTS 2017, KeSEMaT Didik Karakter dan Ajarkan Mangrove

Semarang - KeSEMaTBLOG. "Pada tanggal 1 April 2017, mulai pukul 09.00 s.d. 11.30 WIB yang bertempat di SD N 2 Tambakrejo, KeSEMaT sukses menyelenggarakan program KeSEMaT Goes To School (KGTS) 2017 yang bertemakan MANGROVEDUCATION: Learn More, Gain More. Kegiatan ini merupakan ajang KeSEMaT untuk terjun langsung ke masyarakat, terutama generasi muda di pesisir Indonesia,” jelas Sdri. Hasna Moraina R. (staf MENDIKTAN) selaku Ketua Panitia KGTS 2017.

Kegiatan ini diikuti oleh siswa dan siswi kelas IV SD N 2 Tambakrejo. Adapun rangkaian kegiatan yang pertama, yakni penyampaian materi tentang mangrove oleh Sdr. Tito Barudin (MENKOMSI) dan Sdri. Maudina Eva A. (staf ahli MENKOMSI).

Para siswa dan siswi terlihat antusias mengikuti materi, karena materi ini tergolong baru untuk mereka, dan materi disampaikan dengan cara yang tidak membosankan. Setelah penyampaian materi, dilanjutkan dengan melukis tong sampah dengan tema lingkungan yang dipandu oleh koordinator lapangan.

Peserta dibagi menjadi enam kelompok, yang memiliki nama lokal mangrove, dan setiap kelompok mendapatkan tiga warna cat yang berbeda. Bagi kelompok dengan hasil lukisan paling indah, akan mendapatkan merchandise dari KeSEMaT.

"Adik-adik terlihat sangat semangat saat melukis tong sampah. Kegiatan dilanjutkan dengan games yang tak kalah seru dari kegiatan sebelumnya. Kegiatan diakhiri dengan pembacaan pemenang lukisan tong sampah dan doa penutup, serta penyerahan kenang-kenangan dari pihak KeSEMaT kepada pihak SD N 2 Tambakrejo," tutur Sdri. Hasna.

KGTS 2017 mencoba mengajarkan kepada para murid agar membuang sampah pada tempatnya, karena setiap sampah yang dibuang bisa hanyut ke sungai hingga muara, dimana habitat mangrove berada.

"Adik-adik, jadi, kalau kita membuang sampah pada tempatnya, maka kita juga akan menjaga hutan mangrove tetap sehat, sehingga laut dan pesisir kita juga bersih," kata Sdri. Hasna, saat mengajar mangrove.

Presiden KeSEMaT, Sdr. Febryadi Fajar S. yang juga hadir di KGTS 2017 menjelaskan bahwa setiap tahunnya, KeSEMaT menargetkan program kampanye mangrove dan pendidikan karakter kepada anak-anak pesisir di Semarang dan sekitarnya.

Hal ini, tentu saja dengan tujuan untuk membekali pengetahuan mengenai mangrove dan segala aspek yang melingkupinya, agar nantinya mereka dapat membuat kebijakan pengelolaan mangrove di Indonesia menjadi lebih baik.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi foto bersama KeSEMaT dengan siswa dan siswi serta guru SD N 2 Tambakrejo. Keseluruhan acara berjalan dengan baik dan lancar. Harapannya, siswa dan siswi SD N 2 Tambakrejo akan menjadi generasi yang lebih mencintai ekosistem mangrove, pesisir dan lingkungannya. (SKD).