26.10.17

Press Release Mangrove REpLaNT 2017: Mangrove For Coastal Community Development

Semarang - KeSEMaTBLOG. KeSEMaT kembali menyelenggarakan program konservasi mangrove tahunannya, yaitu Mangrove REpLaNT (MR) 2017: Mangrove For Coastal Community Development yang akan dilaksanakan di Semarang, pada tanggal 10 sampai dengan 12 November 2017. Bagi Anda yang tertarik untuk mengikuti program seminar dan pelatihan mangrove berskala nasional ini, dipersilakan mencermati keterangan di bawah ini.

TERM OF REFERENCE (TOR) MR 2017: SEMINAR NASIONAL, PENYULUHAN, PELATIHAN, PENANAMAN MANGROVE, INDUSTRI MANGROVE KREATIF DAN FIELD TRIP

LATAR BELAKANG
Ekosistem hutan mangrove merupakan komunitas tumbuhan pesisir yang memiliki manfaat sangat besar, antara lain sebagai daerah pemijahan jenis ikan tertentu, daerah asuhan ikan-ikan ekonomis penting, penyedia nutrien dan zat hara, serta fungsi fisik yang sangat besar, seperti menjaga daerah pesisir dari abrasi.

Secara umum, kondisi mangrove di Indonesia, khususnya Pantai Utara Jawa sudah dalam tingkatan yang mengkhawatirkan. Kondisi ini sebagian besar diakibatkan oleh penebangan mangrove untuk area pertambakan dan keperluan lainnya.

Kerusakan-kerusakan ini pada dasarnya disebabkan ketidakpedulian sebagian masyarakat akan pentingnya ekosistem mangrove demi keberlangsungan sumber daya daerah pesisir. Pada umumnya, mereka lebih mementingkan keuntungan sesaat tanpa memikirkan keberlangsungan kelestarian alam.

Atas dasar-dasar tersebut di atas, maka KeSEMaT melakukan usaha penanaman mangrove untuk menjaga kelestarian dan menumbuhkembangkan rasa kepedulian mahasiswa, generasi muda serta masyarakat luas tentang arti pentingnya ekosistem mangrove.

Usaha penanaman ini telah dilakukan selama enam belas tahun terakhir secara kontinyu, sejak berdirinya KeSEMaT di Teluk Awur, Jepara mulai dari tahun 2001 sampai dengan sekarang (2017).

TUJUAN UMUM 
Menumbuhkembangkan semangat konservasi ekosistem mangrove kepada kalangan pelajar, mahasiswa dan masyarakat.

TUJUAN KHUSUS
1. Meningkatkan kesadaran peserta atas pentingnya ekosistem mangrove.
2. Memberikan pelatihan peserta tentang tata cara membibitkan, menanam, merawat, dan menjaga keberlangsungan ekosistem mangrove.
3. Memberikan pengetahuan tentang pengembangan masyarakat pesisir.
4. Memberikan wawasan tentang manfaat pengolahan hasil ekosistem mangrove.
5. Memberikan keterampilan dalam pengolahan makanan berbahan dasar mangrove.

WAKTU DAN TEMPAT
Semarang, 10 - 12 November 2017

DESKRIPSI KEGIATAN
1. MR 2017 direncanakan akan dibuka secara langsung oleh Rektor Universitas Diponegoro, Semarang, pada tanggal 10 November 2017.
2. Pelatihan Ekosistem Mangrove, Pelatihan Pembibitan, dan Teknik Rehabilitasi Mangrove akan dilaksanakan dalam ruangan yang akan diisi oleh Praktisi Mangrove dari Alumni KeSEMaT (AMaT).
3. Pengenalan Industri Mangrove Kreatif: Batik Mangrove dan Pelatihan Pembuatan Makanan Berbahan Dasar Mangrove di halaman Balai Diklat Jawa Tengah yang akan dipandu langsung oleh AMaT dan Warga Binaan KeSEMaT.
4. Seminar Nasional bertema Mangrove For Coastal Community Development (MFCCD) akan dikemas dalam format diskusi panel yang akan mempertemukan tiga orang panelis, yaitu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Blue Forest, dan PT Indonesia Power.
5. Pelatihan Penanaman Mangrove akan dibimbing oleh Praktisi Mangrove KeSEMaT.
6. Penanaman Mangrove akan dilakukan secara bersama-sama oleh peserta, panitia dan masyarakat di Semarang Mangrove Center (SMC), Kelurahan Mangunharjo Kecamatan Tugu, Semarang.
7. Field Trip akan dilaksanakan di Klenteng Sam Poo Kong, Semarang.

DESKRIPSI ACARA
PEMBICARA SEMINAR NASIONAL MANGROVE
1. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan - Jakarta
2. Blue Forest - Makassar
3. PT Indonesia Power - Semarang

PEMBICARA TALK SHOW MANGROVE
1. Kelompok Tani Mangrove Kalisantren - Semarang
2. Kelompok Kerja Mangrove Daerah (KKMD) Jawa Tengah - Semarang

TRAINER PENGENALAN BATIK MANGROVE, PELATIHAN PEMBUATAN JAJANAN MANGROVE, PELATIHAN EKOSISTEM MANGROVE, PELATIHAN PEMBIBITAN, DAN TEKNIK REHABILITASI MANGROVE DAN PENANAMAN MANGROVE
1. Srikandi Pantura dan Mas Bamat - Semarang
2. Bina Citra Karya Wanita dan Mbak Jamat - Semarang
3. Praktisi Mangrove AMaT - Semarang
4. Praktisi Mangrove KeSEMaT - Semarang

KUOTA PESERTA 
Para peserta yang direncanakan hadir di MR 2017, yaitu pelajar, mahasiswa, LSM, dinas pemerintahan dan lingkungan terkait, swasta, masyarakat dan stakeholder mangrove lainnya dari seluruh Indonesia. Kuota peserta dibatasi hingga 25 orang.

UNDANGAN
Para tamu undangan yang direncanakan akan hadir di MR 2017, yaitu:
1. Dinas Provinsi Jawa Tengah Dinas Pemerintahan dan Lingkungan terkait di Jawa Tengah.
2. Rektor UNDIP dan Pembantu Rektor UNDIP.
3. Dekan, Pembantu Dekan dan Dosen Jurusan Ilmu Kelautan UNDIP.
4. LSM di Semarang.
5. Swasta.
6. Masyarakat.
7. KeSEMaTER Kabinet KeSEMaT Pramudya Periode 2016/2017, Direksi Yayasan Inspirasi Keluarga KeSEMaT (IKAMaT), Direksi CV. KeSEMaT Mangrove Indonesia (CV. KeMANGI) dan Komunitas Relawan KeSEMaT Mangrove Volunteer (KeMANGTEER).
8. Donatur dan sponsor.

PENDAFTARAN
Pendaftaran dibuka mulai tanggal 27 Oktober s.d. 7 November 2017, dan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu sebagai berikut:

ONLINE
Formulir pendaftaran MR 2017 yang telah diunduh dengan lengkap di KeSEMaTONLINE www.kesemat.undip.ac.id, dikirimkan kembali ke email kesemat@undip.ac.id dan kesemat@gmail.com, dengan Subjek: Nama Anda_Kota_Pendaftaran MR 2017, disertai dengan scan bukti/nota transfer dana Anda.

Selanjutnya, panitia akan mengirimkan (1) kuitansi MR 2017, (2) jadwal acara, (3) tata tertib, (4) perlengkapan yang harus dibawa dan informasi lainnya.

Download Formulir Pendaftaran Peserta MR 2017, di sini.

OFFLINE
Kantor KeSEMaT
Jl. Ngesrep Barat V/35 Semarang 50275 Jawa Tengah INDONESIA
P. 085103527552 F. (024) 7474698
E. kesemat@undip.ac.id W. www.kesemat.undip.ac.id

BIAYA
Mahasiswa S2, S3, dan Umum Rp275.000,-
Mahasiswa DI, DII, DIII dan S1 Rp250.000,-
Pelajar Rp200.000,-

PEMBAYARAN
Pembayaran dapat dilakukan dengan transfer ke nomor rekening:
A.N.: Riani Mardliyah (Bendahara MR 2017)
Nomor Rekening: 0534562779
Bank: BNI Cabang UNDIP Tembalang

FASILITAS
Penginapan di Badan Diklat Provinsi Jawa Tengah, T-shirt, konsumsi, sertifikat, seminar kit, dan goodie bag.

KONTAK
Segala korespondensi berkenaan dengan MR 2017, dapat ditujukan kepada:
Sdr. Tito Barudin
Menteri Komunikasi dan Publikasi (MENKOMSI)
HP. +62856 9595 0129

PENUTUP
Demikian TOR MR 2017 ini kami susun, sebagai bahan acuan demi suksesnya acara MR 2017. Atas perhatian dan kerjasama yang diberikan, kami ucapkan terima kasih. (TB/ADM).