28.4.07

Mari Membuat Dodol Pedada

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pernah nonton Wisata Kuliner (WK) di TRANSTV? Pasti! Acara itu, akhir-akhir ini memang sangat populer di masyarakat kita. Kurang lebih, WK menampilkan berbagai ragam makanan, jajanan, dan minuman dari Indonesia dan manca negara. Acara yang menarik! Sebagai orang yang berkecimpung di mangrove, saya kadang membayangkan, andaikan saja panganan dari mangrove, bisa diliput dan ditampilkan di acara itu, pastilah bisa mendongkrak popularitasnya.

Namun sayang, jangankan untuk bisa ditayangkan, produksi massalnya saja, belum bisa dilakukan. Memang, panganan berbahan baku buah mangrove, belum bisa dikomersialkan, karena banyaknya kendala teknis dan non teknis.

Untuk mulai mempopulerkan panganan dari mangrove, sambil menunggu perkembangannya, beberapa tahun ke depan, berikut ini saya tampilkan resep mangrove bernama Dodol Pedada (Sonneratia). Panganan ini enak sekali, karena legit, manis dan terasa sensasi pasir, begitu kita menikmatinya.

Resep panganan ini saya cuplik dari sebuah buku yang berjudul Resep Panganan Dari Tumbuhan Mangrove yang disunting oleh Tengku L. Hakim dan Bunga Saraswati, terbitan Mangrove Action Project (MAP) Indonesia dan Pusat Studi Asia Pasifik (PSAP) Universitas Gadjah Mada (UGM ), Yogyakarta.

Selamat mempraktekkan dan menikmati lezatnya dodol berbahan dasar buah mangrove bernama Pedada yang buahnya bisa Anda lihat pada gambar di atas.

Dodol Pedada
Bahan
1.1 bungkus tepung beras
2.¼ kg tepung ketan
3.1 ½ kg gula merah
4.2 butir kelapa
5.8 buah pedada

Cara membuat
1.Blender daging pedada, lalu saring dan ambil airnya saja.
2.Campur tepung beras dan ketan, lalu aduk dengan air santan hingga rata, masukkan gula merah yang sudah dicairkan lalu masak adonan hingga mengental.
3.Bisa dibentuk cetakan sesuai selera. Setelah dingin, siap dihidangkan. (Oleh : IKAMaT).