28.4.07

Polymesoda erosa Mulai Ditemukan di Mangrove Teluk Awur!

Semarang - KeSEMaTBLOG. Kerang yang terlihat di samping ini adalah jenis Polymesoda erosa. Kerang yang dulunya tidak pernah ditemukan di vegetasi mangrove Teluk Awur Jepara ini, sekarang mulai marak dijumpai di sana. Spesies ini, baru sekitar satu tahunan mendiami Arboretum KeSEMaT. Awalnya, biota mangrove ini didatangkan oleh beberapa mahasiswa dan dosen, Ilmu Kelautan UNDIP dari Cilacap untuk diadakan penelitian terhadapnya.

Untuk tujuan penelitian, kerang diletakkan di karamba yang disekat-sekat dengan menggunakan kawat dan kayu-yang dibelah. Selain itu, kerang juga ditanam di sedimen langsung tanpa menggunakan karamba.

Setelah satu tahun berlalu dan penelitian selesai dilakukan, hasilnya cukup menggembirakan. Pengamatan secara visual, yang dilakukan oleh Anak-anak KeSEMaT, menunjukkan bahwa populasinya kian hari kian meningkat. Hal ini diduga karena substrat dan lingkungan mangrove yang merupakan hasil program tahunan KeSEMaT, yaitu Mangrove REpLaNT (MR) di Teluk Awur Jepara, cukup mendukung bagi habitat kerang ini, sehingga kelulushidupannya juga tinggi.

Satu bukti nyata, bahwa program konservasi KeSEMaT yaitu MR telah berhasil menciptakan sebuah habitat dan ekosistem bagi seekor kerang, bernama Polymesoda erosa. Amin.

No comments:

Post a Comment