9.4.08

Hebatnya Khasiat Obat di Tubuh Mangrove

Semarang - KeSEMaTBLOG. Lihatlah foto di samping ini. Foto ini adalah jenis mangrove Rhizophora mucronata yang telah tumbuh dengan baik di Arboretum KeSEMaT, di Teluk Awur Jepara Jawa Tengah. Siapa yang menyangka, di dalam tubuh mangrove ini terkandung khasiat obat yang sangat “dahsyat. Apabila kayunya direbus dengan air, air rebusan (ekstraknya) dapat digunakan sebagai obat pelangsing, anti mencret dan anti muntah. Selanjutnya, cacahan kayunya bilamana ditempelkan pada luka yang baru, dapat juga menghentikan pendarahan. Tidak Rhizophora saja, bahkan spesies mangrove lainnya juga sangat bermanfaat karena berkhasiat obat bagi manusia.

Informasi di bawah ini, kami sarikan dari penelitian yang telah dilakukan oleh Suparpnaibol dan Kongsang Chai (1982); FAO (1985) yang tercantum dalam buku Modul Pendidikan lingkungan (59 halaman), ditulis oleh Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Mangrove tahun 2006. Fakta di bawah ini menunjukkan betapa hebatnya khasiat obat yang terkandung dalam setiap bagian dalam tubuh tumbuhan mangrove. Semoga informasi kecil ini, bisa berguna dan bermanfaat bagi Anda sehingga menambah pengetahuan kita tentang arti penting mangrove bagi kehidupan manusia. Informasi kecil ini, semoga membuat kita lebih menyayangi dan mencintai mangrove sehingga kita selalu berusaha melindungi dan melestarikannya. Selamat membaca.

Manfaat secara tradisi yang lain dari tumbuhan mangrove adalah sebagai sumber bahan obat-obatan. Beberapa jenis mangrove mengandung bahan aktif yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Namun demikian, tanaman obat tradisional tersebut belum mendapat dukungan penelitian dan percobaan secara ilmiah. Padahal, apabila dengan dukungan penelitian tersebut, pengumpulan beberapa jenis pohon mangrove yang memilki nilai pengobatan akan memberikan suatu sumber pendapatan tambahan yang bermanfaat bagi penduduk di sekitar hutan mangrove. (LPP Mangrove, 2006). Berikut ini adalah berbagai khasiat obat yang terkandung dalam tubuh beberapa spesies mangrove menurut Suparpnaibol dan Kongsang Chai (1982); FAO (1985).

1. Rhizophora apicuata dan Rhizophora mucronata

Kayu direbus dengan air, air rebusan (ekstraknya) dapat digunakan sebagai obat pelangsing, anti mencret dan anti muntah. Cacahan kayunya bilamana ditempelkan pada luka yang baru, dapat menghentikan pendarahan. Lebih jauh, daun mudanya yang masih segar bilamana dikunyah dapat berguna sebagai homeostasi dan anti septik.

2. Ceriops tagal
Kulit kayunya sebagai obat pelangsing dan air rebusannya dapat digunakan untuk pembersih luka.

3. Ceriops decandra

Kulit kayunya merupakan obat pelangsing yang kuat dengan rasa yang sedikit kurang enak. Digunakan secara oral, air ekstraknya bersifat anti mencret, anti muntah, dan anti pengaruh disentri. Cacahan kulit kayu dapat bersifat homeostasi.

4. Avicennia alba dan Avicennia officinalis
Galih kayu terasa sedikit asin dan dapat mempertahankan kebugaran tubuh secara umum. Apabila direbus bersama kulit kayu Cassia, air ekstraknya apabila diminum dapat mempercepat penghentian pendarahan pada menstruasi.

5. Xylocarpus granatum dan Xylocarpus moluccensis

Bijinya dapat digunakan secara oral untuk menyembuhkan diare dan kolera. Air ekstraknya digunakan untuk pembersih luka.

6. Excoecaria agallocha
Asap dari pembakaran kayunya digunakan untuk mengobati penyakit kusta. Galih kayunya mempunyai sifat anti perut kembung dan mengurangi getah bening. Serbuk yang basah bila ditempelkan pada kulit akan bersifat anti pyretic dan anti radang. Daunnya bersifat anti epilepsi bila digunakan secara oral.

7. Clerodendrom inerme
Air ekstrak dari daunnya digunakan untuk pencuci muka luka dan anti parasit pada kulit. Daun kering yang masih segar dapat melindungi luka dari infeksi. Daunnya yang direndam dalam air hangat bilamana digunakan pada kulit yang terluka akan mengurangi peradangan. Air ekstrak dari akar yang dikeringkan rasanya pahit, dapat digunakan untuk menyembuhkan pilek, radang hati, pembengkakan hati (hepatomegaly), pembengkakan limpa (splenomegaly), dan luka trauma.

8. Derris trifoliata
Batang, akar dan daunnya berperan sebagai obat pencuci perut dan dapat mengurangi pengaruh penyakit gizi pada anak-anak.

9. Acanthus ilicifolius dan Acanthus embractheatus
Mandi dari air ekstrak dari rebusan kulit kayu dan akarnya menolong dan mengurangi gejala flu, obat alergi pada kulit dan penyakit lainnya. Jika dimakan akan mengembalikan/menyembuhkan akibat penyakit cacar. Kulit kayu yang segar bila digunakan pada luka yang bernanah atau luka kronis akan mempercepat proses penyembuhannya. Dicampur dengan jahe, campuran segarnya dapat digunakan untuk infeksi pada mata atau menyembuhkan penyalit malaria apabila dimakan. Bila kulit kayu yang segar dicampur dengan kunyit dan gula tebu, maka memiliki pengaruh anti radang. Secara lokal, dapat digunakan untuk pengobatan haemorchoids. Campuran segar tersebut bila dicampur dengan asam jawa dan madu dan diberikan secara oral dapat menormalkan kembali kondisi bibir.

10. Thespesia populnea
Kudis dapat diobati dengan menggunakan campuran buah dan daun segar yang dioleskan pada kulit yang terinfeksi. Air ekstrak dari kulit kayu digunakan untuk membersihkan luka kronis. Akar yang muda digunakan sebagai tonik.

11. Hibiscus tiliaceus

Bunga segar direbus dengan susu segar dan digunakan ketika dingin untuk membersihkan infeksi pada lubang telinga.

Demikian, informasi mengenai begitu hebatnya khasiat obat yang terkandung dalam tubuh mangrove. Semoga saja, di tahun-tahun mendatang, para peneliti dan perusahaan pembuat obat di negeri ini, akan bisa bekerjasama dalam memproduksi obat-obat mangrove berkualitas yang bisa dijual bebas untuk dikonsumsi masyarakat umum, agar fungsi dan manfaat mangrove semakin bisa dirasakan oleh masyarakat, sekaligus sebagai sebuah usaha untuk mempopulerkan dan mendekatkan fungsi dan manfaat mangrove kepada masyarakat kita. Amin.

4 comments:

  1. bagus nih... blog ttg lingkungan hidup.

    semangat!!

    ReplyDelete
  2. allo . . . Buat rekan-rekan, kalau bisa jenis-jenis mangrove yang ada khasiatnya itu dilengkapi dengan picturenya, biar kita yang tidak membidangi secara khusus mangrove juga tahu. Kalau cuma nama latinnya aja, aku sendiri gak tahu yang mana itu.
    Pokoknya, biar orang yang awam Mangrove juga tahu deh...
    Thanks a lot.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu memang memahami kesusahan orang awam......t/kasih

      Delete
  3. Oohh ini nama2 jenis mangrove toh :O
    kirain cuma satu nama aj

    hebat ey....ga cuma buat penahan air laut, tapi bagus juga buat kesehatan :)

    ReplyDelete