27.4.08

Adaptasi Mangrove : Tipe Akar Mangrove

Semarang - KeSEMaTBLOG. Selain pertanyaan tentang adaptasi mangrove terhadap salinitas, beberapa pertanyaan yang masuk ke email KeSEMaT, juga menanyakan mengenai berbagai tipe akar mangrove. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, sekali lagi, berikut ini kami cuplik informasi mengenai daya adaptasi mangrove: tipe akar mangrove dari Modul Pendidian Lingkungan yang ditulis oleh Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Mangrove (2006).

Tipe akar mangrove ada beberapa macam. Sebenarnya, beranekanya jenis akar yang terdapat di mangrove adalah sebagai sebuah usaha mangrove untuk menghadapi habitatnya (daya adaptasi) berupa substrat lumpur dan kondisi lingkungannya yang selalu tergenang (reaksi anaerob).

Flora mangrove, beradaptasi dengan membentuk akar-akar khusus untuk dapat tumbuh dengan kuat dan membantu mendapatkan oksigen. Bentuk perakaran mangrove, tersebut di bawah ini.

1. Akar Pasak (pneumatophore)
Akar pasak berupa akar yang muncul dari sistem akar kabel dan memanjang ke luar ke arah udara seperti pasak. Akar pasak ini terdapat pada Avicennia, Xylocarpus, dan Sonneratia.

2. Akar Lutut (knee root)

Akar lutut merupakan modifikasi dari akar kabel yang pada awalnya tumbuh ke arah permukaan substrat kemudian melengkung menuju ke substrat lagi. Akar lutut seperti initerdapat pada Bruguiera spp.

3. Akar Tunjang (stilt root)
Akar tunjang merupakan akar (cabang-cabang akar) yang keluar dari batang dan tumbuh ke dalam substrat. Akar ini terdapat pada Rhizophora spp (lihat foto di atas, nampak KeSEMaTER sedang duduk di atas akar tunjang milik Rhizophora mucronata di Arboretum KeSEMaT Teluk Awur Jepara).

4. Akar Papan (buttress root)
Akar papan hampir sama dengan akar tunjang tetapi akar ini melebar menjadi bentuk lempeng, mirip struktur silet. Akar ini terdapat pada Heritiera.

5. Akar Gantung (aerial root)
Akar gantung adalah akar yang tidak bercabang yang muncul dari batang atau cabang bagian bawah tetapi biasanya tidak mencapai substrat. Akar gantung terdapat pada Rhizophora, Avicennia dan Acanthus.

Sebagai catatan, umumnya tumbuhan mangrove mempunyai satu atau lebih tipe akar.