3.8.10

Dr. Rudhi Pribadi, Bapak Aris Priyono dan Ms. Simone Frick MFF Thailand Survei Mangrove di Pesisir Demak dan Semarang

Semarang - KeSEMaTBLOG. Selama dua hari, mulai tanggal 2 - 3 Agustus 2010, Dr. Rudhi Pribadi (Pembimbing), Bapak Aris Priyono (Programme Officer) dan Ms. Simone Frick (Mangrove For The Future - MFF) Thailand beserta para KeSEMaTER lainnya, telah melakukan survei mangrove di kawasan pesisir Demak dan Semarang. Survei mangrove ini dilakukan dalam rangka perencanaan implementasi proyek rehabilitasi mangrove MFF Thailand di Indonesia yang memiliki area kerja di delapan negara-pesisir di dunia.

Survei difokuskan untuk mendapatkan data dan informasi mengenai beberapa konsep pengembangan ekosistem mangrove di Indonesia, antara lain mengenai ekowisata mangrove dan peningkatan kehidupan masyarakat pesisir serta peran serta perusahaan minyak dan gas dalam turut serta mengembangkan kawasan mangrove di Semarang dan sekitarnya.

Dalam kesempatan ini, KeSEMaT telah memberikan beberapa penjelasan kepada MFF Thailand mengenai hasil program dan proyek rehabilitasi mangrove KeSEMaT dengan beberapa mitra kerjanya di Kecamatan Tugu Semarang dan juga menginformasikan mengenai kondisi pesisir di Semarang dan Demak berikut segala permasalahannya, dengan cara melakukan survei langsung ke beberapa titik, yang sekiranya memiliki tingkat abrasi yang sangat tinggi.


Hasil dari survei mangrove ini, akan dijadikan oleh MFF Thailand sebagai (1) sebuah rekomendasi bagi pengelolaan ekosistem mangrove di Indonesia dan (2) keberlanjutan kerjasama proyek rehabilitasi mangrove yang selama ini telah terjalin dengan baik antara MFF Thailand dengan KeSEMaT.

No comments:

Post a Comment