16.8.10

KeSEMaTCOMPETITION 2010 : Lomba Penulisan Cerpen, Fotografi dan Desain Kaos Mangrove Nasional Tingkat Pelajar, Mahasiswa dan Umum

Semarang – KeSEMaTBLOG. Mangrove merupakan tumbuhan pesisir yang memiliki peranan sangat penting bagi ekosistem pesisir. Beberapa fungsi mangrove yang penting antara lain adalah sebagai tempat berpijah, beranak pinak dan pembesaran anak bagi fauna pesisir, pencegah abrasi, penjebak polutan, pereduksi gelombang tsunami, ekowisata, pencegah intrusi air laut, pengendali banjir, dan lain-lain. Selain itu, bersama dengan ekosistem pesisir lainnya, yaitu padang lamun dan terumbu karang, mangrove memegang peranannya yang sangat vital, sebagai penyerap karbon, sehubungan dengan fungsinya dalam perubahan iklim, yaitu mencegah pemanasan global.

Manfaat mangrove yang begitu besar, telah berperan serta dalam menunjang kehidupan manusia dan lingkungannya. Namun demikian, manfaat yang sedemikian besar tersebut, seringkali terlupakan, bahkan menjadi terancam karena pemanfaatan mangrove yang tidak ramah lingkungan. Penebangan mangrove, pembangunan pertambakan, pendirian perusahaan komersil, reklamasi lahan, pengurukan laut, dan usaha destruktif lainnya untuk merubah habitat mangrove menjadi sebuah lahan komersil telah mengancam kelestariannya di masa mendatang. Kerusakan mangrove telah terjadi di sebagian besar pesisir di Indonesia bahkan dunia.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh masyarakat, swasta dan pemerintah untuk mengembalikan fungsi ekologis mangrove seperti sediakala. Beragam program rehabilitasi mangrove tersebut telah dilaksanakan setiap waktu, namun demikian belum menunjukkan hasil yang maksimal karena tingkat kerusakan ekosistem mangrove yang cukup tinggi. Dengan memahami kenyataan yang ada, maka diperlukan kerjasama lintas sektoral dengan multi stake holder untuk mengendalikan laju kerusakan ekosistem mangrove yang telah terjadi sekarang ini. Berbagai kalangan diharapkan dapat menyumbangkan perannya dalam turut serta menjaga dan melestarikan mangrove, yang terbukti sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia dimasa sekarang dan akan datang. Konsep pelestarian mangrove bottom up dan bukan top down, yang berarti inisiasi pertama dilakukan oleh masyarakat dan bukan pemerintah, telah diujicoba oleh beberapa individu dan komunitas, seperti organisasi mahasiswa, kelompok tani dan swasta, dan terbukti telah mampu mengembalikan lahan mangrove kepada kondisinya yang semula sehingga mampu berfungsi kembali dalam menjaga keseimbangan ekosistem pesisir.

Melalui KeSEMaTCOMPETITION (KC) 2010 : Lomba Penulisan Cerpen, Fotografi, dan Desain Kaos Mangrove Nasional Tingkat Pelajar, Mahasiswa dan Umum, KeSEMaT melalui salah satu departemennya, yaitu Departemen Perpustakaan KeSEMaT (DEPUSMAT) mencoba untuk lebih menggali potensi komunitas muda dan masyarakat yang merupakan agen utama dalam perubahan. Kaum muda dan masyarakat Indonesia, baik sebagai individu dan komunitas yang peduli dengan mangrove bisa jadi berjumlah ribuan. Pergerakan kaum muda, masyarakat dan komunitasnya dalam rangka turut serta melestarikan ekosistem mangrove di sekitarnya adalah salah satu hal yang wajib dihargai dan mendapatkan perhatian yang lebih, sehubungan dengan konsep bottom up, di atas. Untuk itu, dalam KC 2010 ini, karya-karya mangrove yang dikirimkan adalah berupa pandangan atas kepedulian kaum muda, masyarakat dan komunitasnya dalam mengadakan program rehabilitasi mangrove di daerahnya masing-masing, untuk kehidupan yang lebih baik.

Selanjutnya, sehubungan dengan telah dilaksanakannya beragam program pengajaran dan penyuluhan mangrove KeSEMaT, seperti KeSEMaT GOES TO SCHOOL (KGTS) 2010, Gerakan Bersih Pantai dan Laut (GBPL) 2010 yang bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Semarang dan KeSEMaT GOES TO COMMUNITY (KGTC) 2010, kepada para pelajar, mahasiswa dan masyarakat di Semarang dan sekitarnya, maka dengan program ini, KeSEMaT juga ingin mengetahui seberapa jauh kreativitas pelajar, mahasiswa dan masyarakat di Indonesia dan Semarang pada khususnya, terhadap pengetahuan dan informasi mangrove yang telah disebarluaskan oleh KeSEMaT. Selengkapnya tentang KC 2010, TOR dan Formulir Pendaftaran KC 2010, bisa diunduh di bawah ini. Kami tunggu partisipasi Anda. Semangat MANGROVER!

1. TOR KC 2010.
2. Formulir Pendaftaran KC 2010.