19.3.10

Senangnya Membagi Pengetahuan Mangrove Kami ke Adik-adik SMA Pecangaan Jepara

Jepara – KeSEMaTBLOG. Pagi itu, 16 Maret 2010, pukul 08.00 WIB, MECoK kami kedatangan kurang lebih lima puluhan siswa/i SMA Negeri 1 Pecangaan Jepara. Bersama dengan para mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES) selaku pendamping mereka, kedatangan lima puluhan adik-adik kami itu bertujuan untuk belajar mangrove di MECoK. Dengan menggunakan seragam olahraga sekolah mereka, adik-adik kami yang masih duduk di kelas 1 sampai dengan 3 SMA itu, nampak sangat antusias begitu kami memberikan sedikit pengarahan, sebelum mereka mulai memasukkan kaki-kaki kecil mereka, ke lumpur-lumpur mangrove.

Pengarahan hanya kami berikan beberapa menit, saja. Hal ini mengingat semangat mereka untuk langsung terjun ke MECoK begitu menggebu. Maklumlah, hampir semua dari mereka, ternyata belum pernah mendapatkan pengalaman dalam memasuki rawa-rawa mangrove. Setelah pengarahan selesai, kami langsung membagi mereka menjadi beberapa kelompok kecil. Kemudian, masing-masing KeSEMaTER, mendampingi mereka dan mulai memberikan penjelasan tentang berbagai jenis mangrove yang ada di di MECoK. Perjalanan menuju MECoK, kami lakukan dengan berjalan kaki. Beragam spesies mangrove asosiasi yang tumbuh di sepanjang perjalanan kami, menjadi bahan kampanye mangrove yang sangat efektif, terutama dalam memperkenalkan jenis-jenisnya kepada mereka.

Sesampai di MECoK, kami langsung mengajak mereka untuk menceburkan dirinya di lumpur-lumpur mangrove, dan melakukan praktek pembibitan dan penanaman mangrove. Ribuan bibit mangrove yang tersedia di MECoK, menjadi bahan pembelajaran yang sangat efektif, didalam memperkenalkan propagul, polybag, ajir, bedeng, dan istilah-istilah mangrove lainnya, demi memupuk rasa cinta mangrove, mereka.

Selesai bermain-main di MECOK, kami mengajak adik-adik kami membersihkan dirinya di sekitar pantai dan kembali ke asrama, sembari sedikit mengulang pelajaran kami tentang mangrove kepada mereka. Setelah itu, foto bersama dan pembagian plakat dari Rekan kami, para mahasiswa UNNES, kepada kami, menjadi acara penutupnya. Kami hanya berharap, semoga saja, pengetahuan mangrove yang kami sampaikan kepada adik-adik kami, para siswa/i SMA Negeri 1 Pecangaan Jepara ini, bisa menjadi bekal mereka di masa depan, agar mereka lebih menyayangi dan mencintai ekosistem mangrove, mereka. Amin. Semangat MANGROVER!