21.3.10

Berita KeSEMaT di Program Ayo Tanam Mangrove Kementrian Kelautan dan Perikanan Jakarta di Pekalongan

Pekalongan - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 18 – 19 Maret 2010, KeSEMaT telah menghadiri program Ayo Tanam Mangrove (ATM) yang diinisiasi oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) Pusat Jakarta di Pekalongan. Dalam kesempatan ini, KeSEMaT diwakili oleh IKAMaT, DP dan Jajaran Kabinet KeSEMaT Bersatu, dibawah koordinasi Bapak Dr. Rudhi Pribadi (Pembimbing), Bapak Arief Marsudi Harjo (IKAMaT) dan Sdr. Oky Yuripa Pradana (Presiden). ATM merupakan program nasional yang melibatkan ratusan stakeholder mangrove se-Jawa yang bertujuan untuk lebih menyatukan, mendukung dan menyemangati kegiatan rehabilitasi mangrove di Indonesia yang dibuka dan dihadiri secara langsung oleh Bapak Fadel Muhammad selaku Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

ATM diselenggarakan selama dua hari, yang diawali dengan Training of Trainer (TOT), pameran, pelatihan pembuatan batik dan makanan mangrove, jambore mangrove, pementasan wayang golek, dialog mangrove dan pesisir, penanaman mangrove, tebar benih ikan dan beragam acara lainnya. Di ATM, KeSEMaT bertindak sebagai pemateri TOT dan tim peninjau lapangan. Program ini diikuti oleh kurang lebih 300 orang peserta dari berbagai latar belakang institusi dan organisasi. Dari program ini, direncanakan akan bisa ditanam 100 ribu bibit mangrove berbagai jenis, secara bertahap, yang ditanam di sekitar tambak dan pesisir pantai Pekalongan. Penanamannya sendiri telah dimulai secara simbolis oleh Bapak Fadel Muhammad, selaku Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

Direncanakan, ATM yang sebelumnya juga telah diselenggarakan di Sidoarjo Jawa Timur ini, akan kembali diadakan di berbagai wilayah di Indonesia, secara kontinyu, untuk terus mengobarkan semangat penyelamatan ekosistem mangrove di Indonesia dari kepunahannnya di masa mendatang.

No comments:

Post a Comment