27.3.10

KeSEMaT Berbagi Pengalaman Organisasinya Dengan Peserta Talk Show KARAGENAN Perikanan UNDIP

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 27 Maret 2010, KeSEMaT yang diwakili oleh Sdr. Indriatmoko (DP), telah membagikan konsep manajemen organisasi KeSEMaT kepada para peserta Talk Show (TS) Manajemen Organisasi yang diselenggarakan oleh Kelompok Studi Teknologi Hasil Perikanan (KARAGENAN) Universitas Diponegoro (UNDIP). TS yang dilaksanakan di Aula Kampus Teknologi Hasil Perikanan (THP) UNDIP ini, dimulai pada pukul 09.00 WIB – 12.00 WIB. Selain Sdr. Indriatmoko, acara ini juga menghadirkan dua pembicara lainnya, yaitu Bapak Nur Taufik (Pembantu Dekan III Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNDIP) dan Sdr. Tri Wahyudi (Wiraswastawan Muda). TS dihadiri oleh kurang lebih tujuh puluhan orang peserta dari mahasiswa THP UNDIP angkatan 2008 dan 2009.

Dalam kesempatan ini, KeSEMaT mempresentasikan materi mengenai “Tips dan Trik Mengoptimalkan Kinerja Organisasi Mahasiswa,” yang diambil dari pengalaman langsungnya, selama sembilan tahun ini, berkiprah di dalam program dan proyek mangrove skala regional, nasional dan internasional. Beberapa hal yang disampaikan antara lain mengenai tata cara mendirikan organisasi, beragam konsep program mangrove, cara mencari lembaga donor dan mitra kerja, teknik pengaturan administrasi organisasi, teknik pembuatan proposal dan laporan, AD/ART dan lain sebagainya. Selain itu, KeSEMaT juga menyampaikan beberapa pengalaman kerjanya dengan berbagai organisasi dari dalam dan luar negeri sehingga bisa mengoptimalkan kinerjanya dan berdiri sejajar dengan intitusi nasional dan internasional, tersebut.

Diharapkan, setelah dipresentasikannya konsep dan pengalaman organisasi KeSEMaT kepada para peserta TS ini, maka akan tumbuh jiwa dan semangat mereka, untuk mau dan mampu mengikuti dan bahkan membentuk sebuah organisasi baru mahasiswa, sesuai dengan latar belakang dan bidang kajiannya masing-masing, sehingga mahasiswa akan lebih banyak lagi dalam berkiprah dan berguna untuk masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Semangat MANGROVER!

No comments:

Post a Comment